Media Informasi Masyarakat

Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Pekan Daerah KTNA Denpasar

Denpasar, Baliglobalnews

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, mewakili Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, melepas secara resmi Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar di Gedung Santi Graha Kota Denpasar, Selasa (7/5/2025). Pelepasan peserta yang terdiri atas 30 orang ini akan mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 di areal Pura Samuan Tiga, Bedulu, Gianyar, pada 13 – 17 Mei mendatang.

Sekda Alit Wiradana ketika membacakan sambutan Walikota Jaya Negara mengatakan KTNA merupakan salah satu kelembagaan petani dan nelayan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan. Hal ini lantaran KTNA mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produksi, dan pendapatan serta kesejahteraan.

Dia menyebutkan sektor pertanian di Kota Denpasar saat ini sudah mengarah ke urban farming (pertanian perkotaan). Urban farming merupakan praktik budidaya, pemrosesan dan distribusi bahan pangan di sekitar kota, yang dimana melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura.

Pemerintah Kota Denpasar, kata dia, turut serta mendukung kegiatan-kegiatan di sektor pertanian, salah satunya pekan daerah KTNA yang merupakan agenda rutin untuk mendorong percepatan pembangunan di sektor pertanian dan perikanan.

Melalui pekan daerah ini pihaknya berharap anggota KTNA Kota Denpasar dapat meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis. Hal ini utamanya dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuhkembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan.

“Saya sangat mengapresiasi antusias dari para anggota KTNA Kota Denpasar dalam mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII. Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan forum Pekan Daerah KTNA XXVII dengan sebaik-baiknya melalui pertemuan, diskusi, pameran, studi banding, peragaan, serta tukar menukar informasi dan teknologi dengan peserta lainnya,” ujarnya.

Sementara Kabag Perekonomian  Wayan Putra Sarjana didampingi Ketua KTNA Kota Denpasar, I Wayan Merta Jiwa menjelaskan KTNA merupakan lembaga yang terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter patriotis dalam pembangunan ekonomi, khususnya di bidang agribisnis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan sehingga rangkaian kegiatan dari awal sampai hari ini Astungkara telah terlaksana dengan baik, dan pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan kegiatan selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan,” ujarnya.

Hadir Kadis Pertanian AA Bayu Brahmasta, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Ida Bagus Mayun Suryawangsa, perwakilan OPD terkait serta undangan lainya. (bgn003)24050710

Comments
Loading...