Media Informasi Masyarakat

Pelaku Usaha Bali Dapat Edukasi Pelanggan HKI

Denpasar, Baliglobalnews

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali menggelar kegiatan edukasi pencegahan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk pelaku usaha di Pulau Dewata, pada Rabu (17/4/2024).

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kakanwil Kemenkumham Bali, Alexander Palti, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya memperkuat sinergitas dan meningkatkan pemahaman tentang HKI. “Kegiatan hari ini mengusung tema melalui edukasi dan promosi kita tingkatkan sinergitas aparat penegak hukum, pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan pelanggaran kekayaan intelektual di Provinsi Bali,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa HKI memegang peranan penting dalam mendorong kemajuan ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi HKI kepada masyarakat, termasuk pelaku usaha, menjadi langkah krusial.

“Kegiatan edukasi ini menjadi salah satu upaya preventif pemerintah dalam mencegah tindak pidana di bidang HKI,” ujarnya.

Palti berharap melalui edukasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pelaku usaha tentang pentingnya Pencegahan Pelanggaran HKI serta mengajak untuk merenungkan prinsip-prinsip etis dalam praktik bisnis mereka.

Selain itu, dapat membuka ruang untuk dialog dan diskusi yang berkelanjutan tentang bagaimana kita semua dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang lebih adil, berintegritas, dan menghormati nilai-nilai budaya dan tradisi setempat.

“Dengan kita berkomitmen untuk mencegah pelanggaran Kekayaan Intelektual, kita juga membuka pintu untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dalam industri kreatif,” katanya..

Kegiatan edukasi ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari perwakilan sentra KI, kepolisian kabupaten/kota di Wilayah Provinsi Bali, dan pengelola pusat perbelanjaan.

Narasumber yaitu Cecep Sarip Hidayat, Subkoordinator Pencegahan Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, I Gede Arya Sugiartha, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, dan Ida Ayu Nyoman Candrawati, Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata Provinsi Bali. (bgn008)24041706

Comments
Loading...