Media Informasi Masyarakat

Dewan Beri Catatan Strategis LKPJ Bupati Badung 2023

Mangupura, Baliglobalnews

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung memberikan beberapa catatan strategis sebagai rekomendasi DPRD Badung terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung Tahun Anggaran 2023 di Ruang Sidang Utama Gosana, Sekretariat DPRD Puspem Badung, pada Kamis (18/4/2024).

Rekomendasi DPRD Badung tersebut dibacakan oleh Sekwan Badung, IGA Made Wardika dalam penutupan Rapat Paripurna Masa Persidangan Pertama, yang Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Wakil Ketua II DPRD Badung Made Sunarta.

Beberapa catatan strategis tersebut di antaranya bidang pendidikan, dewan menyarankan supaya sarana prasarana terus ditingkatkan. Pada bidang kesehatan, supaya RSUD atau Rumah Sakit Mangusada betul-betul mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk peralatan  kesehatan yang dibutuhkan. DPRD mendorong agar rumah sakit ini bisa berkualitas, maka jika ada alat-alat yang kurang itu dapat digunakan kerja sama dengan pihak ketiga atau KSO, sehingga semua sarana prasarana itu bisa melayani masyarakat. Dewan juga meminta Rumah Sakit ini memrioritaskan untuk mereka yang mau bersekolah atau mencari spesialis.

Pada bidang pariwisata, Dewan mendorong supaya Pemerintah itu menghidupkan kembali destinasi wisata atau pariwisata desa, yang kemudian dijadikan unggulan. Badung punya destinasi baru dan tidak bosan wisatawan dengan destinasi yang ada, tapi punya varian-varian destinasi lainnya, misalnya Kuta Selatan, Kuta, Kuta Utara, Mengwi, Abiansemal, Petang, ini supaya tumbuh. Infrastrukturnya supaya dicek terus, agar tidak ada kemacetan lalu lintas dan banjir. Hal tersebut terus didorong sesuai dengan realitas yang terjadi di lapangan.

Dewan juga memberikan catatan-catatan khusus rekomendasi strategis, untuk dilakukan ke depan oleh Pemerintah.

Sementara usai rapat, Ketua DPRD Putu Parwata mengapresiasi sudah 95 persen sudah dilakukan oleh hasil rekomendasi oleh Bupati Badung, pada tahun 2022, hanya ada beberapa saja belum direkomendasi.

Parwata mengatakan APBD 2023 tercapai dengan Silpa Rp1,95 triliun dan pendapatan asli daerah Rp7,2 triliun, sehingga seluruh program yang ditetapkan bersama-sama antara Pemerintah dan DPRD Kabupaten Badung ini semuanya bisa berjalan dengan baik, sehingga anggaran terserap hampir 97 persen.

DPRD Badung terus melakukan evaluasi terhadap kinerja Bupati Badung melalui LKPJ tahun 2023 telah berjalan dengan baik, terutama hasil audit BPK itu tidak ada temuan yang janggal dan aneh.

“Jadi, kami melihat bahwa terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh Bupati Badung bersama dengan jajarannya sangat luar biasa,” tandasnya. (bgn003)24041805

Comments
Loading...