Media Informasi Masyarakat

BI Bersama Pemprov Bali Kenalkan Website Pusat Investasi KBS

Denpasar, Baliglobalnews

Bank Indonesia Provinsi Bali berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali memperkenalkan website Pusat Investasi Kerthi Bali Sadhana (PIKBS) kepada masyarakat pulau dewata, beberapa waktu lalu.

“Pusat investasi KBS diharapkan mampu menjadi sarana untuk meningkatkan keterbukaan informasi, sehingga terbentuk persepsi positif investor terhadap sektor-sektor unggulan baru di Bali,” kata Deputi Gubernur, Filianingsih Hendarta, didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, dalam keterangannya, pada Jumat (9/2/2024).

Dia menyampaikan PIKBS juga dapat mensinergikan peran pemerintah daerah, kementerian dan lembaga, terutama dalam mendorong promosi UMKM berorientasi ekspor, pariwisata berkualitas dan proyek investasi di sektor-sektor prioritas.

Filianingsih juga menyampaikan apresiasi kepada Pj. Gubernur Bali beserta jajaran atas kerja sama dalam mendukung digitalisasi sistem pembayaran di Bali. Apalagi, Bali memiliki peluang besar untuk dapat mengakselerasi peningkatan implementasi QR lintas batas melalui strategi pelaksanaan kegiatan promosi yang terintegrasi dalam linkage hubungan investor global, nasional dan regional.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, I Wayan Serinah, mengatakan pusat investasi KBS merupakan bentuk inovasi dalam menyediakan informasi untuk mendorong investasi di Provinsi Bali.

“Program ini, diharapkan dapat menjadi motor penggerak dan mengambil peran strategis dalam penguatan program promosi investasi, perdagangan, dan pariwisata Provinsi Bali,” pungkasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, mengatakan pusat investasi KBS bertujuan untuk menjaga persepsi positif ekonomi Bali dalam mendorong investasi, perdagangan, dan kunjungan wisatawan berkualitas (quality tourism).

“Ke depan, kami mengharapkan kerja sama dan dukungan Pemerintah Provinsi Bali maupun pemerintah kota/kabupaten untuk dapat menyiapkan proyek pemerintah daerah yang clean and clear, UMKM unggulan dan siap ekspor, serta desa wisata unggulan untuk selanjutnya dipromosikan dan dipertemukan (business matching) dengan investor maupun buyer potensial,” katanya.

Erwin menyampaikan bahwa salah satu quick wins PIKBS adalah pelaksanaan Bali Jagadhita tahun 2024 yang merupakan program promosi terintegrasi perdagangan, pariwisata, dan investasi Bali yang tahun ini juga akan diikuti oleh Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Event ini telah diagendakan dalam Calender of Event Pariwisata Provinsi Bali 2024, sehingga kolaborasi dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali, pemerintah kota/kabupaten memegang peranan penting dalam kesuksesan program kerja unggulan PIKBS, termasuk menyiapkan proyek pemerintah daerah yang clean and clear, produk UMKM unggulan dan siap ekspor, serta desa wisata unggulan.

Website PIKBS diharapkan menjadi sarana promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi yang mudah diakses oleh buyer, wisatawan, dan investor potensial. Hal ini tentunya memerlukan dukungan seluruh pihak untuk bersama-sama bersinergi dalam mengakselerasi daya saing dan pertumbuhan ekonomi Bali.

“Bank Indonesia Provinsi Bali terus berkomitmen dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Bali untuk menarik investasi berkualitas, mendorong sektor ekonomi potensial dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata berkualitas,” tegasnya. (bgn008)24020903

Comments
Loading...