Media Informasi Masyarakat

Wawali Arya Wibawa Buka Taksu Festival SMAN 2 Denpasar 2024

Denpasar, Baliglobalnews

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, membuka secara resmi Taksu Festival SMAN 2 Denpasar Tahun 2024 ditandai dengan menancapkan kayon wayang, pada Jumat (10/5/2024). Kegiatan tahunan ini merupakan ajang guna mewadahi kreativitas siswa-siswi di SMAN 2 Denpasar di bidang seni dan budaya. Dimana, Taksu Festival tahun ini mengambil tema “Abhibawa Ing Sani Iwa Winaya Manusa Maring Dharma” yang diartikan bahwa Kekuatan Seni sebagai penuntun manusia menuju kebaikan.

Wakil Walikota Arya Wibawa merasa bangga dan berbahagia dapat menyaksikan semangat anak-anak SMAN 2 Denpasar dalam melestarikan seni dan budaya Bali melalui Taksu Festival 2024.

“Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi SMAN 2 Denpasar menyelenggarakan Taksu Festival 2024 dengan konsep serta tema acaranya sejalan dengan semangat “Vasudhaiva Kutumbakam” yang berarti kita semua bersaudara dan diharapkan melalui Taksu Festival 2024 ini menjadi wadah generasi muda untuk menjalin persaudaraan dan rasa persatuan terutama dalam menjaga seni budaya Bali,” ujarnya.

Kepala SMAN 2 Denpasar, I Gede Eka Mahendra, mengungkapkan rasa syukur bahwa SMAN 2 Denpasar dapat menggelar Taksu Festival Tahun 2024 yang diharapkan dapat menjadi ajang membina kreativitas anak – anak SMAN 2 Denpasar di bidang seni budaya.

“Terima kasih juga kami haturkan atas dukungan Pemerintah Kota Denpasar dalam memotivasi giat kreativitas dan inovasi di sekolah kami. Kegiatan ini murni merupakan inisiatif anak-anak kami dan kami sebagai tenaga pendidik mewadahi, mengarahkan dan tidak mengintervensi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lain dalam konteks melestarikan seni dan budaya Bali,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Taksu Festival Tahun 2024, Wah Lanang mengatakan Taksu Festival merupakan acara tahunan berbasis ekstrakurikuler di bidang seni budaya yang digelar oleh siswa-siswi SMAN 2 Denpasar. Beragam lomba turut dilaksanakan dalam kegiatan kali ini, yakni  lomba gender wayang berpasangan, Tari Margapati, makendang berpasangan, Tari Topeng Keras, ogoh-ogoh mini kategori mesin, nonmesin dan tapel (topeng), serta lomba sketsa ogoh- ogoh.

“Keseluruhan lomba diikuti sekitar 80 peserta. Kami harapkan Taksu Festival ini dapat menjadi wadah berkelanjutan bagi kami siswa-siswi SMAN 2 Denpasar dalam melestarikan dan mengembangkan bakat di bidang seni dan budaya,” tuturnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga AA Gede Wiratama, Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Wayan Narta, serta undangan lainnya. (bgn003)24051003

Comments
Loading...