Media Informasi Masyarakat

Wabup Suiasa Hadiri Rakor Kadin, Bahas Pengembangan UMKM dan Fasilitas Perizinan Usaha

Mangupura, Baliglobalnews

Dalam upaya mempercepat pertumbuhan UMKM di Kabupaten Badung, para pelaku usaha diharapkan bisa mendapatkan izin sesuai dengan standar yang ada dan dicarikan akses permodalan baik dari lembaga keuangan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan dukungan fasilitas seperti itu UMKM di Badung bisa tumbuh dengan baik dan berdampak pada peningkatan ekonomi Kabupaten Badung.

Hal itu dikemukakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Badung, IB Gede Arjana, saat membuka Rakor Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Badung di Ruang Rapat Rumah Jabatan Wakil Bupati, pada Selasa (23/1/2024).

“Kami berharap kepada semua elemen terkait untuk memberikan dukungan terhadap pertumbuhan UMKM di Badung, karena ketika UMKM itu berkembang dengan baik tidak saja meningkatkan ekonomi juga penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Wabup Suiasa juga mengharapkan kepada pelaku UMKM agar selalu berinovasi dalam melakukan usaha-usaha yang digeluti, dan hasil UMKM bisa diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Badung.

“Kebijakan yang diambil oleh Pemkab Badung juga merupakan hasil komunikasi dan diskusi dengan Kadin. Dari diskusi yang dilakukan tadi kita sepakat untuk melakukan penertiban dan penegakan hukum sehingga pelaku UMKM akan memiliki kepastian hukum dalam menjalankan usahanya,” katanya.

Ketua Kadin Badung, I Gede Putra Adnyana, mengungkapkan sebagai partner pemerintah tentu masih menemui beberapa hambatan yang perlu dicarikan jalan keluar. Dalam rakor saat ini juga berharap Kadin Badung dilibatkan lebih maksimal dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa. “Saya berharap pelaku UMKM dalam pengurusan izin bisa dimudahkan sesuai aturan yang ada. Selama ini kami sudah banyak dibantu dalam perizinan namun ke depan kami berharap dalam pengurusan ijin bisa lebih disederhanakan tapi tetap sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Turut hadir  Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan I Made Widiana, Kadis PMPTSP I Made Agus Aryawan, Kadis PUPR IB Surya Suamba, Kabag Perekonomian AA Sagung Rosyawati, Kabag PBJ Setda Badung Dewa Sudirawan, perwakilan Bapenda dan jajaran Kadin Badung. (bgn003)24012308

Comments
Loading...