Media Informasi Masyarakat

Sekda Adi Arnawa Harapkan Perumda Air Minum Tirta Mangutama Siapkan Infrastruktur Penuhi Kebutuhan Air di Badung Selatan

Mangupura, Baliglobalnews

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, menggelar rapat dengan Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung beserta jajaran di Ruang Rapat Sekda, Puspem Badung, pada Senin (3/6/2024).

Sekda mengharapkan dengan masifnya pembangunan yang ada di daerah Badung Selatan seiring dengan masifnya kunjungan wisatawan, Perumda Air Minum Tirta Mangutama tidak kalah cepatnya untuk menyiapkan infrastruktur pemenuhan kebutuhan air di daerah tersebut.

“Siapapun pihak swasta yang berminat untuk kerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, silakan, tetapi pastikan bisa memenuhi kebutuhan air di Badung Selatan,” katanya.

Menurut Sekda, jangka menengah yang akan dilakukan di antaranya dengan pembaharuan dan perbaikan jaringan-jaringan yang ada di wilayah Badung Selatan tersebut.

Dia menegaskan penyelesaian masalah ini bukannya hanya penyelesaian sementara saja, tapi untuk menuntaskan permasalahan air yang ada di daerah tersebut, agar tidak lagi daerah Badung Selatan kekurangan air.

“Saya meminta kepada Direksi dan jajarannya untuk tidak main-main, tidak sekadar wacana-wacana, tetapi harus melakukan aksi atau langkah-langkah serta progres yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan air ini,” katanya dalam rapat menindaklanjuti permasalahan kekurangan air bersih di daerah Badung Selatan.

Dia menyebutkan permasalahan utama kurangnya air di daerah Badung Selatan disebabkan tidak terpenuhinya penyaluran air, karena infrastruktur penyaluran air yang belum memadai. Kebutuhan air di daerah Badung Selatan 2.000 liter per detik, namun baru bisa tersedia 900 liter per detik. Solusi jangka pendek yakni akan menambah pompa air di IPA Estuary dan Tegeh Sari, menambah Resevoir/tempat penyimpanan air serta memasang pipa transmisi dari IPA Estuary ke UPA Siligita Nusa Dua yang akan terselesaikan di bulan Juli mendatang. Diperkirakan akan ada tambahan suplai air sekitar 70 liter per detik.

Turut hadir anggota Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama I Made Agus Arsana dan I Ketut Gede Sunarta, dan Perwakilan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung. (bgn003)2400315

Comments
Loading...