Media Informasi Masyarakat

Satreskrim Polres Badung Berhasil Ungkap Kasus Oplos LPG

Badung, Baliglobalnews

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono, merilis pengungkapan kasus oplosan dari isian tabung LPG 3 kilogram ke 12 kilogram. Terungkapnya kasus ini lantaran adanya laporan dari masyarakat yang curiga dengan isian 12 kilogram dijual jauh di bawah harga yang telah ditentukan pemerintah.

Kapolres Badung menjelaskan kronologis penangkapan pelaku, Sunarto, dengan menyelidiki laporan masyarakat. Tidak lama dari laporan tersebut Satreskrim Polres Badung menemukan mobil pikap mengangkut tabung LPG melintas di Jalan Raya Kapal, Lukluk, Mengwi, pada Rabu (17/5/2024). Mobil tersebut dibuntuti dan dihentikan. Ketika ditanya surat-surat, sopir tidak bisa menunjukkan nota pembelian resmi dari SPBE. Kemudian mengamankan Sunarto (47) atau pelaku yang terduga melakukan pengoplosan.

“Kita cegat pelaku dan dia mengakui tabung gas isian 12 kg adalah hasil oplosan. Pelaku melakukan pengoplosan di tempat tinggalnya, wilayah Desa Apuan, Baturiti, Tabanan. Kita ketahui bersama tabung 3 kilogram adalah subsidi,” kata Kapolres.

Satreskrim Polres Badung melakukan pengembangan ke rumah tersangka dan saat penggeledahan di rumah pelaku, petugas menemukan barang bukti yaitu 13 bungkus tutup tabung LPG 12 kilogram, alat congkel karet, satu bungkus karet tabung LPG, pisau, 24 buah stik besi dipakai memindahkan isi LPG, 108 tabung LPG 3 kilogram, 35 buah tabung LPG 12 kilogram dan mobil.

“Pelaku mengaku melakukan aksi tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sehari pelaku mengoplos 24 tabung 12 kilogram. Tiap tabung itu pelaku mendapat untung Rp 39 ribu dan total keuntungannya Rp 936 ribu,” katanya. (bgn003)23052510

Comments
Loading...