Media Informasi Masyarakat

KPU Tabanan Resmi Luncurkan Distribusi Logistik Pemilu 2024

Tabanan, Baliglobalnews

Pemilihan Umum Tahun 2024 akan segera dilaksanakan, tinggal beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 14 Februari, sehingga logistik terkait dengan pemilu sudah harus mulai didistribusikan di tingkat wilayah desa/kecamatan. Kabupaten Tabanan sudah mulai didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan di tingkat wilayah kecamatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra, saat dimuntai konfirmasi pada Jumat (9/2/2024). “Mulai hari ini proses menggeser logistik Pemilu 2024 dari gudang langsung ke desa,” katanya.

Di hari pertama, pendistribusian dilakukan terhadap logistik di luar kotak suara antara lain tanda pengenal KPPS dan saksi, alat tulis, flayer jenis pemilih, lem, daftar pasangan calon, daftar calon tetap. “Termasuk salinan DPT, DPTB, bilik suara. Itu yang digeser hari ini ke desa dan astukare jam 12 sudah selesai,” jelas Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra.

Pada Sabtu (10/2) dijadwalkan distribusi kotak suara dengan total 7.725 kotak suara untuk 1.545 TPS yang siap dikirim.

Suwitra menjelaskan untuk  pendistribusian logistik di dalam kotak suara dilakukan secara bertahap untuk empat daerah pemilihan (dapil) dengan truk boks.

“Tanggal 10 Februari 2024 kami mulai (distribusikan) ke dapil II, Selemadeg Raya dan Pupuan. Kami mulai yang terjauh dulu,” ujarnya.

Esok harinya, Minggu (11/2), distribusi bergeser ke dapil III (Penebel-Baturiti). Dilanjutkan pada Senin (12/2) pendistribusian bergeser ke dapil IV (Kediri-Marga). “Terakhir, Selasa (13/2), baru  (dapil I) Tabanan-Kerambitan,” bebernya.

Dia nenyebutkan dalam pengiriman logistik ini turut pula diperhatikan kondisi kendaraan. Karena sebelum logistik dikirim kendaraan bakal diuji kelayakan terlebih dahulu bersama Dinas Perhubungan termasuk terhindar oleh air. “Ini semua kan kertas ya jadi sudah kami antisipasi dengan manfaatkan truk boks,” katanya.

Proses pendistribusian ini juga dikawal pihak kepolisian. Dengan pengawasan satu personil polisi langsung ikut mengamankan di dalam truk boks.  (bgn020)24021003

Comments
Loading...