Media Informasi Masyarakat

Ketua Bapemperda Nyoman Satria Dampingi Wabup Suiasa Serahkan 20.000 Benih Ikan Nila di Mengwitani

Badung, Baliglobalnews
Ketua Bapemperda DPRD Badung, I Nyoman Satria, mendampingi Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, menyerahkan bantuan 20.000 benih ikan Nila secara simbolis kepada 13 banjar dinas di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kamis ( 27/5 ).
Wabup Suiasa mengatakan penyerahan dan penebaran 20 ribu benih ikan nila di 13 banjar dinas yang ada di Desa Mengwitani tersebut sebagai upaya kemandirian ekonomi untuk masyarakat, dimana memberikan aspek positif yang akan didapatkan terutama dari segi lingkungan.


“Dengan menebar ikan pasti lingkungan itu lebih bersih dan masyarakat pasti akan membersihkan lingkungan secara rutinitas. Jadi dengan lingkungan yang bersih berarti lingkungan itu sehat dan kehidupan kita ke depan akan sehat,” katanya.
Menurut Wabup, dari aspek ekonomi, masyarakat yang menebar ikan dan memelihara nantinya bisa menjual hasil produktivitas ini sehingga ada tambahan pendapatan masyarakat. Dengan demikian, dari sisi ekonomi bisa menekan biaya pengeluaran dan bisa juga ikannya dikonsumsi sendiri.

Sedangkan dari aspek kesehatan memberikan hasil positif, karena ikan itu memiliki protein yang sangat tinggi yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga perkembangan otak yang sangat bagus.
“Ikan ini memiliki banyak kandungan vitamin A, D, dan B yang sangat bagus sekali dalam pertumbuhan bagi manusia dimana memberi kandungan lemak.  Dalam aspek sosial sangat bagus juga kegiatan ini. Jika ikan sudah besar tempat ini bisa digunakan untuk kegiatan memancing ikan dan ini juga sebagai sumber pendapatan masyarakat,” katanya seraya menambahkan di tempat itu komunitas-komunitas pemancing bisa berkumpul.


Untuk itu, Wabup Suiasa berkomitmen akan terus mendorong kegiatan seperti itu  di Kabupaten Badung. “Setiap tahun akan kami tebar dua juta lebih bibit ikan. Tahun ini sudah kami siapkan dua juta dua ratus bibit ikan. Kemudian misalkan dua juta saja kita buat bibit, tiap kelompok misalkan diberikan 10 ribu atau 20 ribu, paling tidak ada 150 kelompok atau lebih bisa kita berikan per tahun,” pungkasnya.
Sementara Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Badung, I Nyoman Satria, berharap agar budaya memelihara makan ikan menjadi tradisi dari krama Badung.

“Di samping ikan mampu membersihkan saluran air irigasi, ikan juga bermanfaat, karena memiliki protein yang sangat tinggi yang tentu sangat baik untuk peningkatan kesehatan otak,” katanya.
Perbekel Desa Mengwitani, I Putu Sumardita, mengatakan penebaran benih ikan ini diprakarsai oleh Kelompok Ikan Mangu Sari difasilitasi oleh Ketua Bapemperda DPRD Badung I Nyoman Satria dan Kadis Perikanan. Masing-masing kelompok atau banjar dinas di Desa Mengwitani akan menebar ikan di masing-masing perairan yang ada di wilayahnya.


“Semoga setelah penebaran ikan ini selanjutnya masyarakat bisa ikut serta menjaga lingkungan ini,” katanya.
Acara turut dihadiri Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta unsur tripika, Perbekel Mengwitani I Putu Sumardita, anggota BPD dan seluruh kelian banjar dines,ketua ranting dan anak ranting PDI perjuangan di Desa Mengwitani. (bgn003)21052731

Comments
Loading...