Media Informasi Masyarakat

Hapus Stigma Krisis Kader, Made “Dator” Sudarsa Siap Maju Bacabup Badung

Badung, Baliglobalnews

Satu di antara kader senior PDI Perjuangan Badung, I Made Sudarsa, masuk dalam penjaringan Bakal Calon Bupati Badung.

Made Sudarsa yang akrab dipanggil “Dator” tidak menampik dirinya masuk dalam penjaringan dalam rapat partai di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Badung pada Jumat (26/4/2024).

Ketika ditanya apakah kemunculan namanya hanya sebagai “pelengkap penderita”, politisi dari Kuta Selatan itu tertawa lebar. Namun dia menampik anggapan tersebut.

“Sesungguhnya aspirasi agar saya maju menjadi Calon Bupati Badung muncul dalam pertemuan komunitas ‘Sesepuh Banteng Bali’ pada bulan Agustus 2023 lalu,” kata Dator ketika dihubungi Senin (29/4/2024).

Dator menyebutkan usai hajatan pilpres dan pileg Februari lalu, aspirasi baik dari rekan, kader maupun masyarakat, banyak muncul yang mendorong dirinya untuk maju dalam pencalonan Bupati Badung tahun 2024 ini. Karena itulah, nama dirinya muncul dalam rapat penjaringan yang dipimpin Ketua DPC PDI Perjuangan, I Nyoman Giri Prasta.

Dator pun mengaku serius untuk maju mengikuti proses pencalonan tersebut. Langkah awal tentu mengisi formulir, kemudian turun ke masyarakat. “Ini untuk menghapus stigma PDI Perjuangan krisis kader. Bahwa kader berkualitas di PDI Perjuangan itu banyak,” katanya.

Bagi Dator, seorang calon pemimpin, apalagi sekelas bupati, tidak cukup dengan hanya populis, elektabilitas tinggi, tetapi juga kualitas calon yang disampaikan lewat debat visi dan misi. Karena itulah, dia menyatakan ingin kalau ada lembaga independen yang menyelenggarakan debat visi misi. “Yang ada selama ini kan setelah calon ditetapkan baru ada debat yang diselenggarakan oleh KPU,” katanya.

Walaupun serius, Dator menyatakan percaya dengan garis dari Tuhan. Dia berkaca dari pengalaman rekan-rekannya. Ada yang berkali-kali ikut pencalegan, tidak terpilih. Tetapi ada yang baru sekali ikut sudah terpilih. Ada pula calon yang berkualitas, populis, tidak terpilih, tetapi ada yang biasa-biasa saja, bisa lolos. “Kalau sudah hoki, pasti jadi. Agete muncul nama sing dadi alih, lacure sing dadi kelidin. Jadi, kalau sudah penugasan, saya siap laksanakan maksimal,” katanya

Made Sudarsa terjaring bersama kader lainnya yakni Ketut Suiasa, IGA Gumanti, I Bagus Alit Sucipta dan seorang nonkader I Wayan Adi Arnawa untuk posisi bakal calon bupati. Sedangkan untuk posisi bakal calon wakil bupati semuanya kader PDI Perjuangan yakni I Putu Parwata (Ketua DPRD Badung), I Nyoman Satria (anggota DPRD Badung), I Putu Alit Yandinata (anggota DPRD Badung) dan Bima Nata (caleg terpilih DPRD Badung 2924). (bgn003)24042902

Comments
Loading...