Media Informasi Masyarakat

Dosen Universitas Sorbonne Bersama FPar Unud Kunjungi WBD Jatiluwih

Tabanan, Baliglobalnews

Dosen dari Universitas Sorbonne, Prancis, Maria Gravari-Barbas, bersama Koprodi S3 Pariwisata, I Nyoman Sunarta, mengunjungi kawasan WBD (Warisan Budaya Dunia) Jatiluwih, pada Selasa (23/5/2023).

“Kunjungan ini guna mengidentifikasi  berbagai isu terkait keberadaan WBD Jatiluwih saat ini dengan melakukan wawancara bersama ketua badan pengelola dan staf guide tracking di lapangan,” kata Sunarta.

Dia menjelaskan terakhir kali Prof. Maria ke Jatiluwih pada tahun 2010. Pihaknya menjelaskan kunjungan kali ini juga untuk melihat perkembangan WBD Jatiluwih satu dekade terakhir, tentunya banyak perubahan yang terjadi di lapangan.

“Kunjungan bersama ini merupakan upaya Fakultas Pariwisata Universitas Udayana untuk mempererat kerjasama di bidang penelitian dan pendidikan dengan Universitas Sorbonne di Prancis di masa depan” ujarnya.

Sebelum ke Jatiluwih, Maria didaulat sebagai narasumber kuliah tamu internasional untuk para mahasiswa magister dan doktoral pariwisata di Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana Denpasar. Acara kuliah umum ini diadakan oleh Prodi Magister (S2) dan Doktor (S3) Pariwisata Universitas Udayana.

Maria Gravari-Barbas merupakan Direktur Institute for Research and High Studies of Tourism (IREST) dan peneliti di Interdisciplinary Team for Tourism Research (EIREST), Paris 1 Panthéon-Sorbonne University, Paris, Perancis. Selain itu, ia merupakan koordinator UNESCO Chair Tourism, Culture, Development Paris 1 – Universitas Sorbonne dan jaringan UNITWIN, dengan anggota lebih dari 25 universitas terkemuka di seluruh dunia.

Perguruan tinggi paling prestisius di Perancis, Universitas Sorbonne dan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana merupakan mitra kerjasama di bidang tri dharma perguruan tinggi. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah program bergengsi DDIP atau Double Degree Indonesia – Prancis

Turut mendampingi Koordinator Program Studi Magister Pariwisata, I Made Adikampana; Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, I Nyoman Sukma Arida beserta dua dosen Fakultas Pariwisata, Natasha Erinda Moniaga dan I Gede Gian Saputra.

Berita ini juga dapat diakses melalui http://www.unud.ac.id. (bgn008)23052507

Comments
Loading...