Media Informasi Masyarakat

Covid-19 Melonjak, Pemprov Bali Imbau Masyarakat kembali Terapkan Prokes

Denpasar, Baliglobalnews

Pemprov Bali mengimbau kepada masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes), termasuk memakai masker di tempat umum dan alat angkut serta penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Pasalnya, Covid-19 kembali melojak.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Nyoman Gede Anom, lewat siaran persnya yang diterima Redaksi Baliglobalnews pada Rabu (13/12/2023).

Siaran pers berdasarkan data WHO per 22 November 2023, menyebutkan beberapa negara di antaranya Rusia, Italia, Singapura, Australia dan Polandia melaporkan adanya peningkatan kasus Covid-19. Selain itu, Pemerintah Singapura melaporkan adanya lonjakan kasus Covid-19 lebih dari dua kali lipat yang didominasi oleh subvarian EG.5. Sub varian EG.5 merupakan turunan dari varian Omicron dan masuk dalam kategori Variant of Interest (VOI). Secara global, subvarian ini telah mendominasi seluruh regional WHO dan regional yang melaporkan peningkatan sub varian ini meliputi Regional Amerika, Eropa dan Pasifik Barat. Karakteristik dari sub varian ini dapat menyebabkan peningkatan kasus, menghindari dari kekebalan sehingga lebih mudah menginfeksi namun tidak ada perubahan tingkat keparahan.

Situasi Covid-19 di Indonesia juga menunjukkan adanya peningkatan tren kasus sejak minggu ke-41 (8-14 Oktober 2023). Peningkatan tren kasus ini tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian. Situasi tersebut selaras dengan karakteristik subvarian EG.5 yang saat ini sedang mendominasi di Indonesia

Sedangkan situasi di Provinsi Bali pada Bulan Desember 2023 jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 terlaporkan sebanyak 60 kasus yang tersebar di 7 kabupaten/kota di antaranya Kabupaten Jembrana 8, Badung 24, Gianyar 6, Karangasem 9, Buleleng 1, Tabanan 1 dan Kota Denpasar 11 dengan kematian 1 orang dari Kota Denpasar.

Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/4815/2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 yang menginstruksikan agar melakukan beberapa upaya kewaspadaan pada pintu masuk, di wilayah termasuk kesiapan dan kewaspadaan di fasyankes dan laboratorium.

Menindaklanjuti surat dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tanggal 8 Desember 2023 perihal Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID 19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13070 Tahun 2023 tentang Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 di Provinsi Bali kepada seluruh dinas kabupaten/kota, KKP Kelas I Denpasar dan rumah sakit.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar telah berperan di pintu masuk Bali melalui upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan menyediakan masker kepada para wisatawan dan melakukan upaya Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) penerapan protokol kesehatan.

Pemerintah Provinsi Bali mengupayakan agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi Covid-19 dan menyarankan agar masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 sampai booster kedua.

Saat ini stok vaksin Covid-19 di gudang Dinkes Prov Bali 705 dosis dan pada Selasa (12/12/2023) vaksin Covid-19 telah datang stok tambahan 300 dosis. Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga  telah mengajukan permohonan vaksin Covid-19 kepada Pemerintah Pusat 5.000 dosis. (bgn003)23121311

Comments
Loading...