Media Informasi Masyarakat

Arus Balik Lebaran, Dewan Tabanan Dorong Segera Pendataan Duktang

Tabanan, Baliglobalnews

Paskaliburan lebaran, arus balik penduduk pendatang (duktang) ke Bali khususnya Tabanan diprediksi meningkat.

Guna antisipasi tersebut, Ketua Komisi I DPRD Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, mendorong desa adat untuk lebih selektif dalam penertiban administrasi terhadap penduduk pendatang ke Kabupaten Tabanan. Hal ini dilakukan guna memudahkan pengawasan sekaligus pendataan terhadap duktang. 

“Tidak ada unsur diskriminasi, tapi lebih pada pendataan untuk penerima dan memastikan tujuan duktang itu datang untuk apa dan pastikan keluarga yang mengajaknya,” ujarnya usai rapat paripurna, pada Rabu (17/4/2024).

Menurut dia, dengan pendataan tersebut dapat dilakukan pengawasan terhadap duktang yang datang ke Kabupaten Tabanan. “Penertiban administrasi juga diperlukan untuk menjaga keamanan kamtibmas di wilayah masing-masing,” katanya.

Dia berharap pihak desa adat aktif memantau terutama pada pemilik tempat kost atau tempat kontrakan ketika ada penduduk pendatang, apalagi yang baru pertama kali ke Bali. “Tetap kami tekankan, akan pentingnya pengetahuan dari saudara-saudara kita yang dari luar Bali, agar bisa memahami lingkungan dan kearifan lokal,” ujarnya. 

Selain itu, kata dia, Nurcahyadi menilai kolaborasi desa adat dengan badan keamanan desa (Bakarda) di perlukan dalam memantau penduduk pendatang nantinya. “Desa adat ada Bakarda, ini memiliki peran sentral dalam menjaga wilayah dengan kearifan lokal yang dimiliki,” katanya. 

DPRD Tabanan berharap desakan ini dapat segera direspons oleh pihak terkait, terutama pemerintah desa, untuk menjaga keteraturan administrasi dan keamanan kamtibmas di wilayah Tabanan. 

Sementara Kasatpol PP Tabanan I Gede Sukadana mengatakan sampai saat ini pihaknya memang belum melakukan kegiatan pendataan atau razia penduduk pendatang pasca lebaran. (bgn020)24041813

Comments
Loading...