Media Informasi Masyarakat

160 Ogoh-ogoh Denpasar Siap Bersaing di Kesanga Fest Tahun 2024, Wawali Arya Wibawa Serahkan BKK kepada Seka Teruna

Denpasar, Baliglobalnews

Tercatat 160 ogoh-ogoh dari empat kecamatan di Kota Denpasar siap bersaing dalam ajang Kesanga Festival Tahun 2024, yang diselenggarakan Pemkot Denpasar bersinergi dengan Pasikian Yowana Kota Denpasar.  Kesiapan ratusan ogoh-ogoh  terungkap dalam rapat persiapan lomba dan penyerahan dana bantuan keuangan khusus (BKK) oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Graha Sewaka Dharma, Denpasar, pada Sabtu (10/2/2024).

Kesanga Fest akan berlangsung 1-3 Maret di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung yang akan dimeriahkan ogoh-ogoh terbaik di tingkat kecamatan, lomba ogoh-ogoh mini, lomba sketsa ogoh-ogoh, dan lomba baleganjur ngarap. 

Wawali Arya Wibawa menyampaikan ogoh-ogoh telah menjadi ajang adu kreativitas antarseka teruna di Kota Denpasar, dan tahun ini ajang Kesanga Fest kembali digelar yang memberikan ruang dan kreativitas bagi sekaa teruna. “Penyerahan BKK sebesar Rp10 juta kepada masing-masing seka teruna menjadi cambuk untuk terus berkarya dalam seni tiga dimensi yakni ogoh-ogoh,” ujarnya.

Dia menyampaikan ke depannya Pemkot Denpasar akan terus memberikan ruang kreativitas ogoh-ogoh serta memberikan peningkatan dukungan kepada seka teruna di Kota Denpasar. Dia mengharapkan kepada seka teruna, dalam mengisi agenda rangkaian Hari suci Nyepi Tahun Caka 1946 ini dengan kreativitas ogoh-ogoh dapat turut serta menjaga keaman dan ketertiban. “Mari kita jaga persaudaraan, menjaga keamanan dan ketertiban dalam kegiatan ogoh-ogoh dan Kesanga Fest,” ujarnya. 

Sementara Kadis Kebudayaan Raka Purwantara menyampaikan pelaksanaan Kesanga Fest tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. 360 seka teruna mendapatkan BKK yang bertujuan membantu sekaa teruna dalam pembuatan ogoh-ogoh. Total 12 ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan akan berlomba kembali ditingkat kota. “Penilaian lomba ditingkat kecamatan akan berlangsung dari tanggal 17-18 Februari mendatang, dan akan menentukan 3 ogoh-ogoh terbaik di masing-masing kecamatan,” ujarnya. 

Dia menyebutkan ogoh-ogoh terbaik tingkat kecamatan akan mendapatkan dana pembinaan Rp30 juta dan akan bersaing kembali dalam lomba di tingkat kota, yang akan berlangsung dari tanggal 1-3 Maret mendatang. “Ogoh-ogoh tiga terbaik di masing-masing kecamatan untuk nantinya diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar, serta juga akan dimeriahkan dengan lomba ogoh-ogoh mini, lomba sketsa ogoh-ogoh, dan lomba baleganjur ngarap,” ujarnya. (bgn003)24021005

Comments
Loading...