Media Informasi Masyarakat

Wagub Cok Ace Pimpin Tur ”Road to Penerapan Tata Kehidupan Era Baru”

Denpasar, Bali Global News

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, memimpin langsung tur mobil klasik bertajuk ”Road to Penerapan Tata Kehidupan Era Baru” di Provinsi Bali rute Denpasar-Karangasem-Buleleng-Tabanan. Tur tesebut dilepas oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, di Halaman Kantor Gubernur Bali, Kamis (9/7) pagi. 

Wagub Cok Ace yang mengendarai sendiri mobil VW klasiknya melakukan perjalanan bersama anggota Forkopimda Bali, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho dan puluhan anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali.

Tur yang menyambangi beberapa objek wisata seperti Tirta Gangga serta Pura Ulun Danu Beratan

Rombongan tur tersebut antara lain meninjau lapangan terkait penerapan protokol tata kehidupan era baru Provinsi Bali yang sebelumnya telah dicanangkan Gubernur Wayan Koster melalui surat edaran Nomor 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru.

Tahapan penerapan protokol tata kehidupan era baru yang dicanangkan Pemprov Bali yakni tahap pertama, Kamis, 9 Juli, untuk wisatawan lokal Bali dan 14 sektor lain. Tahap kedua direncanakan 31 Juli yang diperluas ke sektor pariwisata untuk wisatawan nusantara. Jika berjalan baik dengan berbagai evaluasi maka akan dilanjutkan dengan pembukaan untuk wisatawan mancanegara medio 11 September mendatang.

Di sela tur yang melibatkan berbagai merek dan jenis mobil jadul tersebut, Wagub menyebutkan sesuai keputusan bersama, 9 Juli 2020 dijadikan titik awal dibukanya Bali setelah ‘relaksasi’ dan pembatasan aktivitas masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19 sejak awal Maret lalu. ”Bali pertama kali dibuka dengan tata kehidupan baru, dan diawali untuk kita semua krama Bali. Ini adalah langkah yang kita harus jalani, untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, untuk menggerakkan sektor ekonomi Bali yang kini berada di titik minus,” ujar penglingsir Puri Ubud itu saat memberikan sambutan di Taman Kota Singaraja, Buleleng. 

 ”Road to Penerapan Tata Kehidupan Era Baru” di Provinsi Bali rute Denpasar-Karangasem-Buleleng-Tabanan

Wagub Cok Ace tidak memungkiri angka positif di Bali masih cukup tinggi, meski tingkat kesembuhan juga tinggi. ”Untuk itu, kita susun sebuah protokol kesehatan. Jadi selalu ingat cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Mudah-mudahan dengan kesadaran dan disiplin kita semua bisa melalui masa sulit ini,” katanya.

Kondisi saat ini, menurut Wagub, bisa jadi momentum bersama untuk memasuki era baru yang lebih taat dan disiplin termasuk makin menggalakkan penggunaan transaksi nontunai. ”Transaksi nontunai tentu meminimalisir sentuhan dan mulai dari situ, dengan ketaatan kita bisa menggerakkan ekonomi Bali, kita bangkitkan pelan-pelan. Kita jalankan semua secara harmonis namun penuh kedisiplinan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, mengapresiasi langkah yang dilaksanakan Pemprov Bali dengan secara bertahap membuka kembali roda perekonomian. ”Lewat SE Gubernur Bali yang menekankan pula bahwa semua transaksi diupayakan nontunai adalah langkah yang sangat baik, Apalagi sektor pariwisata harus jadi yang terdepan. Juga sektor UMKM, juga bisa tulang punggung untuk digitalisasi,” tandasnya.

Tur yang menyambangi beberapa objek wisata seperti Tirta Gangga serta Pura Ulun Danu Beratan tersebut juga disertai pemberian bantuan berupa masker, face shield serta paket sembako. (bgn/humas)20071004

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...