Media Informasi Masyarakat

Wagub Bali ajak pengusaha hotel dan restoran tetap optimistis

Denpasar, Baliglobalnews

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak pengusaha hotel dan restoran di daerahnya tetap optimistis bahwa pariwisata akan segera bangkit kembali di tengah pandemi COVID-19.

“Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat harus terus berupaya memperoleh kepercayaan publik bahwasanya Bali siap untuk dikunjungi kembali oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” kata Wagub Bali saat pengukuhan pengurus BPC PHRI Kabupaten Jembrana periode 2020-2025 di Jembrana, Bali, Rabu.

Menurut dia, pengukuhan pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jembrana yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 memiliki makna penting.

“Di samping untuk mengukuhkan pengurus baru, juga menyusun program kerja untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Jembrana,” ujar pria yang akrab disapa Cok Ace itu.

Ketua PHRI Bali itu tidak memungkiri pandemi COVID-19 telah memberi dampak yang sangat signifikan khususnya kepada Bali yang mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi yang cukup dalam hingga minus 12,28 persen dan sektor pariwisata Bali mengalami keterpurukan.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Bali bersama dengan pemerintah kabupaten/kota, lanjut dia, juga terus menambah laboratorium dan tempat isolasi untuk penanganan COVID-19

“Demikian pula, halnya para pelaku usaha pariwisata yang terus meningkatkan penerapan CHSE yakni kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), keamanan (safety) dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability) di akomodasi serta objek pariwisata,” katanya.

Tidak hanya itu, masyarakat pun terus menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kedisiplinan. Semua upaya ini dilakukan agar pariwisata Bali bisa segera bangkit kembali.

Khususnya untuk Kabupaten Jembrana, Cok Ace menyampaikan Pemprov Bali bekerja sama dengan pemerintah pusat tengah mencanangkan sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Jembrana seperti pembangunan Jalan Tol Mengwi- Gilimanuk serta pembangunan bandara yang lokasinya tidak jauh dari Kabupaten Jembrana.

Dengan adanya rencana pembangunan infrastruktur tersebut, masyarakat Jembrana diminta untuk mempersiapkan diri dengan keterampilan yang baik dan mumpuni sehingga nantinya siap bersaing dengan SDM lainnya.

“Dengan demikian, pembangunan infrastruktur akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya,” katanya. (bgn123) 20120224

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...