Media Informasi Masyarakat

TP PKK Bali Gelar Webinar Hatinya PKK

Denpasar, Baliglobalnews

TP PKK Provinsi Bali menggelar seminar daring (webinar) Gerakan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK) Selasa (18/8). Webinar mengusung tema ‘Melalui Gerakan Hatinya PKK, Bali Bangkit Indonesia Maju’ dan diikuti TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota hingga kecamatan se-Bali melalui aplikasi zoom. Webinar menghadirkan narasumber DR Eng Ir I Wayan Kastawan ST, seorang ahli arsitektur dan pertamanan.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, mengatakan kegiatan seminar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi perlu diintensifkan di masa pandemi. Selain lebih efektif dan efisien, seminar daring memungkinkan diiikuti oleh banyak peserta. Dibandingkan dengan seminar langsung yang mangharuskan para peserta jauh-jauh datang ke lokasi seminar, dalam seminar daring para peserta dapat mengikuti dari kediaman masing-masing sambil bersantai. Ke depan, TP PKK Bali akan lebih sering menggelar seminar daring untuk mendorong percepatan pelaksanaan program yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Ny Putri Koster merasa bersyukur dan beruntung karena Hatinya PKK yang merupakan program turunan PKK Pusat hingga daerah belakangan semakin bergairah. Bahkan, dia menyebutkan pada masa pandemi gerakan ini sangat dirasakan manfaatnya dan sangat memungkinkan diaplikasikan di tiap pekarangan rumah. Banyak keluarga yang mengisi waktu di masa pandemi dengan menanami halaman rumah mereka dengan tanaman yang bermanfaat.

Yang perlu diingat, kata dia, Hatinya PKK tak semata bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, namun juga akan berdampak keasrian lingkungan rumah. Pekarangan rumah yang tertata dengan apik dan asri akan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pada bagian lain, Ny Putri Koster juga menyinggung Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) yang menjadi program TP PKK Pusat. Ia mangajak seluruh tim penggerak PKK mulai dari tingkat provinsi hingga desa menyukseskan program ini. Oleh sebab itu, seluruh kader PKK diingatkan agar membawa masker cadangan minimal 5 buah di tas masing-masing ketika bepergian. Ketika menjumpai masyarakat yang tak mengenakan masker di ruang publik, masker itu bisa diberikan kepada mereka. Kader PKK juga diminta menjadi contoh dalam gerakan penggunaan masker. Masker tak boleh lepas ketika beraktivitas di areal publik dan berbicara dengan orang. TP PKK Provinsi saat ini masih ada stok 13 ribu masker dan nanti akan didistribusikan bagi masing-masing 1.000 buah untuk setiap kabupaten/kota.

Dalam menyukseskan program yang sedang berjalan, dia mengharapkan TP PKK Kabupaten/Kota hingga desa membangun sinergi yang harmonis dan tidak berjalan sendiri-sendiri, sehingga keseluruhan program dapat terwujud untuk mendukung suksesnya Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Kastawan dalam paparannya menyampaikan dalam memilih jenis tanaman yang akan ditanam di halaman rumah, agar krama Bali kembali pada nilai-nilai kearifan lokal. Selain jenis tanaman pangan dan obat-obatan, Hatinya PKK juga bisa diisi dengan tanaman yang bermanfaat untuk sarana upakara.

Khusus untuk tanaman jenis obat, Kastawan menyebut para leluhur telah mewariskan jenis tanaman yang bermanfaat seperti daun kelor yang belakangan banyak dikaitkan dengan peningkatan imunitas untuk mencegah penularan Covid-19.

Guna menyukseskan gerakan Hatinya PKK, Kastawan menawarkan beberapa model taman untuk lahan sempit, sedang dan luas. Menurutnya, model itu bisa menjadi rujukan dalam pemanfatan halaman rumah. Jadi, tidak ada alasan program ini tidak bisa dilaksanakan karena dalih halaman rumah sempit.

Kegiatan webinar juga diisi dengan tanya jawab dan pemaparan tentang pengolahan sampah berbasis rumah tangga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Made Teja. (bgn/hms)20081836

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...