Media Informasi Masyarakat

TP PKK Badung Bersama BNN Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Tingkat Desa

Badung, Baliglobalnews

Ketua TP PKK Kabupaten Badung, Ny. Giri Prasta bersama dengan Kepala BNN Kabupaten Badung, AKBP Anak Agung Gede Mudita, turun langsung dalam rangka melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk narkoba dan cara menghindari penyalahgunaan narkoba di Ruang Pertemuan Kantor Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Senin (8/8).

Ny. Giri Prasta mengatakan dalam rangka mencegah dan memberantas narkoba di Kabupaten Badung, pihaknya turun langsung bersama dengan BNN Kabupaten Badung melaksanakan sosialisasi terkait penyalahgunaan  narkoba mulai dari tingkat desa.

“Mudah-mudahan melalui sosialisasi ini nantinya dapat memberi pengetahuan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada generasi muda terkait bahaya menggunakan narkoba sehingga dapat mencegah pemakaian narkoba di masyarakat,” kayanya.

Sementara Kepala BNN Badung, Anak Agung Gede Mudita, mengatakan bahwa permasalahan penyalahgunaan narkoba mempunyai dimensi yang luas dan kompleks, baik dari sudut pandang medik, psikiatri, kesehatan jiwa maupun psikososial (ekonomi, politik, sosial budaya, kriminalitas dan sebagainya). Penyalahgunaan narkoba merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahgunaan yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri. Permasalahan penyalahgunaan narkoba adalah permasalahan yang tidak bisa hilang hanya dengan melakukan pemberantasan saja, namun perlu adanya edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat secara umum. Dalam mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika, BNN berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk narkotika dan cara menghindari penyalahgunaan narkoba.

Maka dari itu sosialisasi dan pemahaman bahaya narkoba bagi masyarakat sangat penting karena dengan begitu masyarakat dapat memiliki pemahaman yang sama yaitu penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak boleh dilakukan karena dapat menimbulkan masalah dan efek negatif yang lebih besar.

“Sosialisasi atau penyuluhan mengenai narkoba tidak dapat dilakukan oleh BNN sendiri. Untuk itu, hari ini kita bersama TP PKK Kabupaten Badung turun langsung ke tingkat desa dalam rangka sosialisasi terkait penyalahgunaan narkoba. Keterlibatan Pemerintahan Desa, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan keluarga sangat penting dalam membantu BNN memberantas penyalahgunaan narkoba karena penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja. Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama,” katanya.

Hadir Perwakilan Kecamatan Petang, Ketua BPD Desa Pelaga, kelian dinas, TP PKK, Ketua ST se-Desa Pelaga dan para peserta sosialisasi. (bgn003)22080810

Comments
Loading...