Media Informasi Masyarakat

Tingkatkan Keselamatan, Kepala Basarnas Kroscek Fungsi Stasiun Pemantau KKL

Denpasar, Baliglobalnews

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, memantau fungsi Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Karangasem Bakamla RI (IDNCG), Selasa (3/11/20).

“Pemantauan ini guna melihat kesiapsiagaan alat utama (Alut) dan personil dalam antisipasi keadaan darurat di perairan,” ucap Darmada dalam keterangan persnya didampingi Kepala SPPKL Bakamla Bali, Kadek Lis  Martiaveni.

Ia mengaku, Karangasem terdapat pelabuhan Padangbai yang fungsinya cukup krusial untuk transportasi antar daerah ataupun pulau. Wilayah ini dikenal dengan wisata laut yang populer yakni Pantai Padang Kurungan yang terkenal keindahan bawah lautnya dan didominasi oleh ikan hias berwarna-warni dan soft coral, serta keberadaan laguna biru di tengah pantainya yang indah (blue lagoon). Sebagian penduduknya  bermata pencaharian sebagai nelayan sehingga aktivitas melaut cukup tinggi.

Menurut Darmada, sinergitas antara Basarnas Bali bersama Bakamla dapat memaksimalkan kenerja di lapangan ketika pelaksanaan operasi SAR ataupun kegiatan lainnya. Alut yang siap dikerahkan Bakamla dalam menunjang keamanan di perairan yakni RIB Bakamla 604.

“Sampai dengan saat ini Basarnas Bali sendiri menempatkan Alut Laut berupa RIB (Rigid Inflatable Boat) 5,4 meter di Pos SAR Karangasem dan ditempatkan 12 orang personil,” tutur Darmada.

Kerjasama yang selama ini terjalin sangat baik. Bakamla dari Pusat telah terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Pos SAR Karangasem di bulan Oktober.

Tugas kedua instansi ini saling berkaitan, dimana Basarnas menjadi terdepan dalam pencarian dan pertolongan, sementara Bakamla menjamin keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, termasuk dalam menjalankan fungsinya memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Gede Darmada melihat langsung operasional Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL). Menanggapi kunjungan kerja dari Kepala Kantor Basarnas Bali, Kadek Lis  Martiaveni menyatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kunjungan tersebut.

“Harapan kami agar sinergritas antar instansi terkait tetap terjalin dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” katanya.(bgn008)20110319

Comments
Loading...