Media Informasi Masyarakat

Tiga Pasangan Bakal Calon di Pilkada Ternate Penuhi Syarat

Ternate, Baliglobalnews

Tiga bakal pasangan calon akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), setelah dipastikan memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU setempat, Selasa, menyusul keluarnya dukungan berupa rekomendasi partai politik.

Tiga bakala calon yang dipastikan memenuhi syarat dukungan partai politik selain Yamin-Abdullah yang didukung Demokrat, PPP dan Perindo dengan 8 kursi di DPRD, pasangan Muhammad Hasan Bay-Asghar Saleh Golkar, Gerindra dan Hanura (6 kursi) dan Merlisa – Yudhi Taslim PDIP, PAN, PBB dan Berkarya (8 kursi). Sedangkan pasangan Tauhid Soleman – Nursia Abdul Haris diusung  Partai Nasdem 3 kursi dan Iswan Hasjim – Jasri Usman dukungan PKB dan PKS (5 kursi), artinya kedua pasangan ini belum penuhi syarat maju di Pilkada Kota Ternate karena belum mendapatkan dukungan 20 persen kursi di parlemen.

Ketua DPP Partai Perindo, Yamin Tawary, ketika dihubungi, Selasa, menyatakan, untuk pasangan wali kota dan wakil wali kota Ternate M. Yamin Tawari dan Abdullah Taher (Yamin-Abdullah) memenuhi syarat setelah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memiliki tiga kursi.

Dukungan PPP terhadap Yamin-Abdullah dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Model B.1-KWK Nomor 181/SK/DPP/C/VIII/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, dengan begitu maka Yamin-Abdullah siap bertarung di Pilkada Ternate pada 9 Desember 2020.

Yamin Tawari menyampaikan, setelah sah mendapat rekomendasi dari partai Perindo dan PPP, untuk saat ini Yamin-Abdullah sudah memiliki 4 kursi, selanjutnya, tinggal menunggu jadwal penerimaan rekomendasi dari Partai Demokrat dalam bentuk B.1-KWK pada Rabu 26 Agustus 2020.

Dia optimistis bahwa dengan dikeluarkan rekomendasi dari PPP maka dirinya dan Abdulllah akan bertekad untuk memenangkan Pilkada Kota Ternate tahun 2020.

“Kami akan berjuang dan bekerja keras agar tidak mengecewakan partai-partai yang telah mengusung kami berdua,” ujarnya.

Pilkada Kota Ternate tampaknya makin seru, menyusul masuknya sejumlah partai politik memberi dukungan ke pasangan yang di luar perkiraan publik.

Pasangan Muhammad Yamin Tawary – Abdullah Tahir yang baru saja dipaketkan berhasil mengunci Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memiliki tiga kursi di DPRD.

Praktis, pasangan Yamin-Abdullah mampu mendulang dukungan tiga parpol yakni Demokrat 4 kursi, Perindo 1 kursi dan tambahan PPP dengan 3 kursi, otomatis kedua pasangan ini berhak merebut tiket untuk maju di Pilkada Kota Ternate, karena memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU setempat.

Sementara itu, Asghar Saleh yang mendampingi Muhammad Hasan Bay (MHB) ketika hubungi menyatakan, dirinya sudah memastikan memenuhi syarat 20 persen, setelah mendapatkan dukungan tiga parpol memiliki enam kursi di DPRD.

Tiga parpol yang mendukung pasangan MHB-Asgar Saleh yaitu Partai Golkar, Gerindra dan Hanura (6 kursi). (bgn/ant)20082505

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

- Advertisement -

Comments
Loading...