Media Informasi Masyarakat

Sekda Alit Wiradana Hadiri Puncak Karya Angasti Puja Atma Wedana Griya Gede Telaga Tegal

Denpasar, Baliglobalnews

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, menghadiri sekaligus ngupasaksi puncak karya angasti puja atma wedana maligia punggel di Griya Gede Telaga Tegal Denpasar, Senin (8/4/2024). Rangkaian puncak karya diawali dengan atetangi, ngadegang puspa lingga, mapurwa daksina dan stiti puja.

Sejak pagi hari tampak silih berganti masyarakat yang ikut serta dalam upacara mendatangi lokasi upacara. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Made Purwanasara, Panglingsir Griya dan Puri, serta undangan lainya.

Pengrajeg Karya, Ida Bagus Ngurah Widasna didampingi Prawartaka Karya, Ida Bagus Witamaja, menjelaskan, rangkaian karya telah berlangsung sejak tanggal 5 Januari lalu yang diawali dengan matur piuning, dilanjutkan dengan upacara nganam daun waringin pada tanggal 4 April.

Selanjutnya, pada tanggal 5 April dilanjutkan dengan upacara mepandes. Puncak karya dilaksanakan bertepatan dengan Tilem Sasih Kedasa pada 8 April. Setelah puncak karya, rangkaian dilanjutkan dengan pralina puja dan nganyut ke segara pada tanggal 9 April. Sedangkan upacara nyegara gunung akan dilaksanakan di Segara Pantai Goa Lawah pada 11 April mendatang.

Karya diikuti oleh 304 pengiring sawa. Sedangkan untuk upacara mepandes diikuti oleh 179 peserta, sehingga besar harapannya karya ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan bersama.

“Astungkara kita berharap seluruh rangkaian karya berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama,” ujarnya.

Sementara, Sekda Ida Bagus Alit Wiradana mengapresiasi karya tersebut. “Dengan pelaksanaan karya ini tentu kami berharap ke depannya dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, begitupun manusia dengan alam lingkungan harus tetap dijaga sebagaimana mestinya sehingga kehidupan tetap harmonis,” ujarnya. (bgn003)24040802

Comments
Loading...