Media Informasi Masyarakat

Sekda Adi Arnawa Buka Lomba Kesenian Bali di Abiansemal

Badung, Baliglobalnews

Pemerintah Kabupaten Badung sangat merespons dan komit terhadap pelestarian seni budaya Bali. Oleh karena itu, dalam program kerja Bupati Badung sangat jelas berpihak pada langkah-langkah pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya adat warisan leluhur, termasuk di antaranya lomba gender wayang, topeng keras dan lomba kendang berpasangan yang dilaksanakan oleh Pengempon Pura Dalem Sangsi, Banjar Kedampal, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani. Pembukaan ditandai memukul gong oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung, di Balai Banjar Kedampal, pada Kamis (8/2/2024).

“Bupati Badung memang sangat konsisten dan komit dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya warisan leluhur kita. Dan Saya merasa senang serta bangga dengan kegiatan lomba kesenian yang diselenggarakan oleh Pura Dalem Sangsi, ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam melestarikan seni adat dan budaya warisan leluhur kita serta untuk mengasah kemampuan seni anak-anak dari usia dini untuk mengenal dan ikut menjaga melestarikan seni dan budaya warisan leluhur kita,” ujarnya.

Ketua Panitia, l Made Garsana, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekda Adi Arnawa telah hadir dan mendukung kegiatan lomba kesenian Bali tersebut. Dia melaporkan juga kegiatan lomba kesenian Bali itu bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya serta meningkatkan aktivitas dan kreativitas di bidang seni dan budaya Bali.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Sekda Badung yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dan membuka kegiatan lomba kesenian Bali yang kami selenggarakan. Kegiatan lomba kesenian Bali ini kami adakan di antaranya lomba gender wayang yang diikuti sebanyak 18 pasang, lomba tari topeng keras  dan kendang berpasangan diikuti 12 pasang peserta dari Kabupaten Badung dan dari luar kabupaten Badung,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan dan perhatian Pemkab Badung dalam kegiatan tersebut, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana secara simbolis Rp30 juta untuk lomba gender wayang yang diterima I Made Widiana selaku Sekretaris Seka Batel Anak-anak Sekar Rare, lomba topeng keras Rp30 juta diterima Ketua panitia penyelenggara l Made Garsana serta untuk kegiatan lomba kendang berpasangan Rp30 juta diterima I Made Wijaya dan disaksikan oleh seluruh warga.

Turut hadir Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, unsur Tripika Abiansemal, Perbekel Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani l Made Budiana, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya. (bgn003)24020813

Comments
Loading...