Media Informasi Masyarakat

Sasar Empat Kecamatan, 328 Orang Manfaatkan Jemput Bola Pelayanan Pembuatan KTP El Disdukcapil Denpasar

Denpasar, Baliglobalnews 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar terus menggenjot kepemilikan identitas kependudukan KTP elektronik. Hal itu dilaksanakan dengan jemput bola pelayanan serentak pembuatan KTP el bagi masyarakat Kota Denpasar yang tersebar di empat Kecamatan se-Kota Denpasar pada Minggu (14/1/2024). 

Pelaksanaan dipusatkan di beberapa titik, yakni Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara; Desa Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat; Kantor Camat Denpasar Selatan, Kecamatan Denpasar Selatan dan Kelurahan Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur. 

Dari pelaksanaan kegiatan tersebut, 328 masyarakat memanfaatkan pelayanan yang tersebar di empat kecamatan. Dari jumlah tersebut terbagi atas beberapa pelayanan, yakni rekam KTP El usia 16 tahun 101 orang, rekam KTP El usia 17 tahun 54 orang, cetak KTP El 48 orang, cetak revisi 46 orang, PRR 3 orang dan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) 76 orang. 

Kadisdukcapil Dewa Gde Juli Artabrata menjelaskan Disdukcapil Kota Denpasar terus mendorong kepemilikan identitas kependudukan bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat. Hal ini guna mendukung terciptanya data kependudukan yang valid di Kota Denpasar. Terlebih saat ini menjelang pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024. 

Dia menjelaskan selain untuk mendukung validasi data dan melindungi hak pilih masyarakat, percepatan kepemilikan identitas KTP el ini juga mengacu pada target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri, sehingga masyarakat yang hendak mengurus KTP El dapat memanfaatkan pelayanan di beberapa titik. Mulai dari pelayanan di masing-masing kecamatan, jemput bola di setiap desa/kelurahan, dan jemput bola di masing-masing sekolah. 

“Jadi lokasi pelayanan juga sudah banyak, tentu sebagai identitas diri, KTP el memiliki manfaat yang memdasar, termasuk salah satunya melindungi hak pilih saat Pemilu dan Pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih, selain juga untuk memastikan semua masyarakat telah memiliki KTP El sesuai target nasional,” ujarnya.

Dewa Juli memaparkan, hingga tanggal 2 Januari 2024, tercatat 4.136 masyarakat Kota Denpasar yang sudah berhak memiliki KTP el, namun belum melaksanakan perekaman. Sehingga pihaknya mendorong kepada perbekel/lurah, kaling dan kadus untuk berperan aktif dalam mengawasi masyarakatnya untuk melaksanakan perekaman.

Dia berharap agar masyarakat yang keberadaannya tidak diketahui, termasuk juga yang memiliki keluarga telah meninggal dunia agar melapor ke Disdukcapil. Sehingga dapat segera dilaksanakan proses penghapusan NIK sebagai bentuk validasi data kependudukan. Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang tidak melaporkan jika ada sanak-saudaranya yang telah meninggal dunia. 

“Tentu yang pertama kami mengajak semua masyarakat Kota Denpasar yang sudah berusia 16 dan 17 tahun ini melaksanakan perekaman KTP El dengan hanya membawa kartu keluarga. Selain kegiatan rutin, jemput bola juga akan terus kami laksanakan. Dengan partisipasi aktif masyarakat ini semoga target nasional perekaman dapat dipenuhi, dan seluruh masyarakat Kota Denpasar memiliki identitas kependudukan yang lengkap,” ujarnya. (bgn003)24011406

Comments
Loading...