Media Informasi Masyarakat

SAR Denpasar Kerahkan 129 Personel dan Peralat Jelang Libur Nataru

Denpasar, Baliglobalnews

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas) Bali mengerahkan 129 orang personil dan sejumlah peralatan saat siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru 2024.

“Siaga SAR ini terbagi di beberapa pos SAR dan juga posko terpadu yang tersebar di wilayah Provinsi Bali. Pelaksanaan siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini berlangsung dari 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, usai menggelar apel gelar pasukan siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pada Senin (18/12/2023).

Dia menjelaskan Siaga SAR kali ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan moda transportasi darat, laut dan udara dalam rangka libur. Dan, siaga SAR Khusus ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Pengerahan personel dan peralatan ditempatkan pada titik-titik keramaian seperti pelabuhan, bandara dan objek wisata yang dapat meningkatkan mobilitas masyarakat. Lonjakan kunjungan masyarakat yang akan ke bali dimungkinkan karena bertepatan dengan libur sekolah.

“Dengan banyak tingkat kunjungan jelang libur natal dan tahun baru. Hal ini tentunya juga meningkatkan risiko kerawanan terjadinya kecelakaan, baik itu transportasi darat, laut dan udara, untuk itu kita tingkatkan kesiapsiagaan dan selalu berkoordinasi dengan unsur SAR Lainnya,” ucapnya.

Pihaknya mengingat seluruh personel, untuk selalu memperbarui (update) perkembangan di lapangan dan melakukan laporkan apabila ada kendala serta merespon cepat apabila ada kondisi membahayakan jiwa manusia.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan dilaksanakan pelepasan personil dan peralatan yang akan melakukan pemantauan di titik rawan keramaian dan objek wisata. (bgn008)23121802

Comments
Loading...