Media Informasi Masyarakat

Sambut HUT Ke-236 Kota Denpasar,Sekda Alit Wiradana Serahkan Piala Lomba Final Akselerasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Denpasar

Denpasar, Baliglobalnews

Menyambut HUT Kota Denpasar ke-236, Pemkot Denpasar melalui Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Denpasar mengadakan lomba Akselerasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah antar OPD Pemkot Denpasar di Graha Sewaka Dharma, Lumintang Denpasar, pada Senin (5/2/2024).

Lomba dibuka Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar, sekaligus menyerahkan piala pemenang lomba.

Walikota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan, pengelolaan keuangan dan aset daerah merupakan salah satu aspek penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pengelolaan keuangan daerah telah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Sedangkan, pengelolaan aset daerah telah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 28 tahun 2020, tentang perubahan atas peraturan nomor 27 tahun 2014, tentang

pengelolaan barang milik negara/ daerah.

Dalam pemerintahan yang baik (good governance) pada penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan keuangan dan aset daerah harus dilaksanakan berdasarkan prinsip transparan, akuntabel, efisien dan efektif. Untuk mewujudkan hal tersebut dipandang perlu peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola keuangan dan aset daerah di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

“Untuk itu dalam mendukung peningkatan kapasitas dan kompetensi para pengelola keuangan dan aset daerah pada perangkat daerah di Kota Denpasar, maka dilakukan lomba akselerasi pengelolaan keuangan dan aset daerah antar pengelola keuangan dan aset pada perangkat daerah Kota Denpasar,” ujarnya.

Dia mengharapkan melalui penyelenggaraan kegiatan lomba antar pengelola keuangan dan aset daerah pada Perangkat Daerah Kota Denpasar dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengetahui kemampuan, wawasan serta pemahaman pengelola keuangan dan aset daerah pada masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

“Dimana penyelenggaraan kegiatan lomba akselerasi pengelolaan keuangan dan aset daerah diharapkan mampu meningkatkan pengelolaan keuangan dan aset daerah menjadi lebih baik serta dapat memastikan pengelolaan keuangan dan aset daerah dikelola secara transparan, akuntabel,

efisien dan efektif. Hal ini tentu sangat penting untuk mempertahankan opini atas laporan keuangan Pemkot Denpasar yang sudah kita peroleh dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) secara berturut-turut sebanyak sebelas kali,” pungkasnya.

Sementara Kepala BPKAD Ni Putu Kusumawati melaporkan tahap I (babak penyisihan) dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai III BKPSDM Kota Denpasar pada Jumat (2/2/2024). Kemudian tahap II (babak final) dilaksanakan di Aula Sewaka Mahottama Lantai III Gedung Graha Sewakadarma pada Senin (5/2/2024).

Babak penyisihan diikuti oleh 42 perangkat daerah dengan mekanisme menjawab soal-soal langsung secara online melalui sistem Site Announcements. Babak penyisihan ini untuk menjaring 9  peserta yang akan lanjut menuju babak semifinal.

“Hari ini Tahap III selanjutnya, 9 peserta yang sudah lolos di babak penyisihan tersebut akan mengikuti babak final untuk menentukan 3 besar pemenang. Berhasil sebagai juara, yakni sebagai juara 1 diraih oleh BPBD, juara 2 diraih DPMD dan juara 3 diraih Sekretariat. (bgn003)24020507

Comments
Loading...