Media Informasi Masyarakat

Ribuan Personel Siaga Operasi Puri Agung Amankan WWF

Denpasar, Baliglobalnews

Ribuan personel Kepolisian RI (Polri) siaga Operasi Puri Agung guna mengamankan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, pada 18-25 Mei 2024.

“Untuk jumlah anggota Polri (dari Mabes dan Polda) yang bersiaga berjumlah 5.791 orang yang terlibat operasi Puri Agung dalam pengamanan WWF. Belum lagi dibantu personel TNI dan Paspampres. Ini sedang kita terus koordinasikan guna proses pengamanan,” kata Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Soelistijono, saat konferensi pers di Denpasar pada Sabtu (11/5/2024).

Dia menjelaskan kesiapan personel saat Operasi Puri Agung 2024 dimulai 17-26 Mei 2024, dimana dimulai dari pengamanan pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang, yang dibantu Satgas wilayah di Polda Jatim dengan mengantisipasi orang masuk ke Bali. Demikian juga di Pelabuhan Lombok ke Padang Bai dikawal oleh Polda NTB. Pengamanan ini juga dibantu anggota Densus 88 Anti Teror.

“Kita juga dibantu satgas antiteror yang saat ini juga sudah siaga untuk pengamanan pintu masuk pelabuhan maupun bandara, serta dilengkapi CCTV analitik guna memantau dan mengenali wajah seseorang yang menjadi target operasi (TO). Sehingga dari sekarang sudah bejalan,” katanya.

Polda Bali, kata dia, juga melakukan upaya preventif dengan pelaksanaan operasi blue light patroli dan KRYD serta patroli tiga pilar yang dilakukan Ditsamapta serta Binmas dan polres jajaran guna mengantisipasi peningkatan kriminalitas. Tidak hanya itu, juga juga dilakukan operasi sandi sigap dengan sasaran 3C yang dikaitkan jelang menghadapi WWF guna mewujudkan keamanan wilayah.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar, Kombes Pol. Wisnu Prabowo menyatakan untuk situasi kamtibmas di wilkum Polresta Denpasar masih kondusif dan tidak ada kerawanan jelang WWF.

“Dengan banyaknya pengungkapan kasus di Polresta Denpasar, bukan berarti bahwa laporan ini pada saat operasi. Ada yang sebelumnya juga dan baru terungkap sekarang saat operasi. Bisa dikatakan jajaran Polresta Denpasar siap mengamankan WWF dengan berusaha mengungkap kasus,” katanya. (bgn008)24051104

Comments
Loading...