Media Informasi Masyarakat

Polresta Denpasar Amankan 5 Pelaku Jambret dan Copet Wisman di Monumen Tragedi Bom Bali

Denpasar, Baliglobalnews

Jajaran Polresta Denpasar, mengamankan lima pelaku kejahatan yang menjambret dan mencopet HP wisatawan mancanegara. Kelimanya digelar di depan umum, tepatnya di Monumen Tragedi Bom Bali (Ground Zero), Kuta, Kabupaten Badung, pada Senin (8/8).

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Bambang Yudo Pamungkas, di hadapan masyarakat umum saat jumpa pers dengan awak media, menegaskan jajaran kepolisian tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terukur (menembak), kepada pelaku kejahatan di wilayah Kuta yang menjadi tujuan wisatawan.

“Kelima pelaku yang kami tangkap dan kami rilis hari ini semuanya berasal dari Kabupaten Karangasem, yakni tersangka I Gede Eka Jaya Putra, I Ketut Ririg, I Wayan Jangkep, I Komang Budiasa, I Wayan Gondok,” katanya.

Penangkapan kelima pelaku, kata Kapolres, karena meresahkan wisatawan dan dilaporkan tiga wisman asal India, Australia, dan Jerman yang menjadi korban aksi jambret pelaku.

“Dari lima pelaku, seorang tersangka bernama Komang Budiasa yang mengaku telah melakukan 12 kali aksi jambret di daerah Seminyak, Legian dan Jalan Sunset Road Kuta, Badung,” katanya.

Kapolresta menyebutkan modus pelaku dalam melakukan aksi kejahatan dengan memepet korban dan mengambil atau merampas barang milik korban.

“Untuk barang bukti yang berhasil kami amankan dari para tersangka berupa tiga buah HP merek Iphone, satu unit sepeda motor yamaha N Max warna hitam No. Pol DK 2425 TI (sepeda motor yang digunakan pelaku untuk melakukan kejahatan),” katanya.

Para pelaku dijerat melanggar pasal pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa apapun yang terjadi di Kuta, baik itu kasus jamret dengan target wisatawan. Kami akan lakukan tindakan tegas terukur. Berani coba-coba melakukan kejahatan, kami tindak tegas,” katanya.

Upaya Polresta Denpasar menjaga keamanan Kuta yang menjadi tujuan pariwisata, agar Bali bangkit lagi mendapat apresiasi dari Perwakilan MDA Badung, Nyoman Astawa.

“Kami berterima kasih kepada bapak kepolisian yang betul-betul ikut membangkitkan pariwisata bali. Saya harap penangkapan tersangka ini memberikan efek jera bagi siapa saja yang mencoba melakukan kejahatan di Kuta. Besar harapan kami agar kuta aman,” ucap pria asal Jimbaran ini.

Hal senada diungkapkan, Bendesa Adat Kuta I Wayan Wasista yang turut mengucap terima kasih kepada jajaran Polresta Denpasar dan Polsek Kuta, yang mampu menangani kasus kejahatan jambret yang sangat meresahkan wisatawan.

“Saya berharap upaya ini terus bersinergi, dalam pengamanan di Kuta. Karena Kuta menjadi tujuan wisatawan, apabila Kuta aman maka wisatawan akan terus datang ke Bali,” pungkasnya. (bgn008)22080903

Comments
Loading...