Media Informasi Masyarakat

Perkuatkan Profesi Jurnalis, Forward DPRD Bali “Berguru” Ke Pokja DPRD Jatim

Surabaya, Baliglobalnews

Guna memperkuat profesi jurnalis yang nantinya dapat menjadi penerus informasi kepada masyarakat umum, Forum Wartawan DPRD (Forward) Bali berguru (study banding) ke Pokja Jurnalis DPRD Jawa Timur, Rabu (16/6/2021), guna konsolidasi AD/ART sebagai dasar dalam melakukan peliputan, agar mecegah oknum wartawan abal-abal.

Rombongan Forward Bali dipimpin langsung Kabag Persidangan dan Risalah DPRD Bali, I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama, secara tegas mengatakan study banding itu dilakukan, guna mengadopsi kebijakan dan langkah apa yang dilakukan oleh DPRD Jawa Timur dengan media setempat, yang nantinya memberikan informasi bermanfaat kepada masyarakat.

“Peran media sangat penting, memang kami berupaya merangkul berbagai media di sekretariat DPRD yang mampu menyiarkan aktivitas kami,” katanya.

Terutama untuk memberitakan aktivitas DPRD, terkait Ranperda, penganggaran dan pengawasan. Selain itu juga mengadopsi langkah apa yang dilakukan oleh DPRD dengan media sebagai mitra kerja di sini,”

Dilain pihak, Ketua Kelompok Jurnalis DPRD Jatim bernama Riko, menyampaikan pihaknya memiliki AD/ART bagi yang bertugas di lingkungan DPRD. Bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan profesi jurnalis, sehingga media dan orang yang bertugas di sana jelas.

“Adanya AD/ART media mana saja yang bisa masuk ke DPRD Jawa Timur. Bukan berarti membatasi, namun memang ada aturannya sesuai adopsi dari dewan pers. Salah satu AD/ART itu salah satunya media harus melakukan verifikasi dewan pers, keaktifan media itu di sini, jangan sampai ngaku media duduk-duduk saja di sini namun beritanya gak ada,” tegasnya.

Keanggotannya pun harus melakukan beberapa tahapan dalam memenuhi persyaratan sesuai yang tertuang dalam AD/ART tersebut. Mulai dari wartawannya yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan, dan persyaratan lainnya yang berhubungan dengan legalitas.

“Langkah ini sebagai menjaga hubungan dan tanggungjawab dengan mitra kerja, meski demikian berita yang disajikan oleh teman-teman di sini juga tetap kritis, membangun dan berimbang,” imbuh Riko. (bgn008)21061619

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...