Media Informasi Masyarakat

Peringati May Day, Pekerja Tampilkan Kreativitas Seni, Walikota Jaya Negara Rangkul Vasudhaiva Kutumbakam, Denpasar Kota Inklusi

Denpasar, Baliglobalnews

Peringatan Hari Buruh Internasional yang dikenal dengan May Day Tahun 2024 berlangsung meriah di Kota Denpasar dengan berbagai kegiatan dari seni, sosial, hingga olahraga di Lapangan Lumintang, Denpasar, Rabu (1/5/2024).

Kemeriahan agenda May Day dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Denpasar, dan seluruh pimpinan OPD Pemkot Denpasar. Dalam kegiatan tersebut, Walikota Jaya Negara bersama seluruh undangan mengikuti senam bersama dan diakhiri dengan pengundian doorprize.

Penampilan garapan kolaborasi Baleganjur Adi Merdangga gabungan dari 50 perusahaan menambah meriah suasana. Di samping itu juga dimeriahkan dengan penampilan Bondres STI, dan juga musik dari Disabilitas Denpasar. Gaungan Denpasar Kota Inklusi juga terus diperkuat dengan telah memberikan kesempatan yang sama kepada disabilitas untuk bekerja di Pemkot Denpasar dan perusahaan yang ada di Kota Denpasar.

“Pembangunan Denpasar harus secara kolaboratif yang digaungkan dalam vasudhaiva kutumbakam, membangun bersama-sama Kota Denpasar dengan keterlibatan semua pihak hingga para perusahaan,” ujar Walikota Jaya Negara.

Dia menyampaikan peringatan May Day tidak terlepas dari peran serta perusahan-perusahaan di Kota Denpasar bersama Pemkot Denpasar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi. Hal ini dilaksanakan dari kegiatan seni budaya, hingga memberikan menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kemeriahan May Day. 

Di samping itu, Denpasar Kota Inklusi juga menjadi penguatan bersama dengan memberikan kesempatan bekerja kepada penyandang disabilitas di Kota Denpasar. Hal ini juga didukung oleh pihak pengusaha salah satunya datang dari Ajik Krisna yang telah mempekerjakan 100 orang disabilitas. “Seperti di Radio Pemkot Denpasar yang telah memberikan kesempatan untuk disabilitas sebagai penyiar dan juga banyak perusahaan yang telah memberikan kesempatan yang sama kepada disabilitas,” ujarnya. 

Jaya Negara juga mengucapkan terima kasih kepada pengusaha dan juga pekerja yang telah membangun Denpasar dalam semangat menyama braya untuk kesejahteraan para pekerja, serta Denpasar Kota Inklusi.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta didampingi Ketua Panitia May Day, I Made Sudiatmika mengatakan peringatan May Day di Kota Denpasar melibatkan 1.500 orang peserta dari 70 perusahaan yang terlibat. 

Adapun kegiatan dikemas mulai dari donor darah, senam bersama, self love, pertunjukan seni dan budaya, penyerahan penghargaan untuk perusahaan terbaik dalam penerapan sarana hubungan industrial di perusahaan yang ada di Kota Denpasar, penyerahan bantuan CSR, kuliner makanan dari UMKM hingga acara hiburan dan doorprize.

“Peringatan tahun ini diisi dengan kolaborasi seni dari para pekerja yang mengangkat tema Buruh Mahotama, 

yang juga sekaligus menepis isu bahwa May Day identik dengan unjuk rasa turun ke jalan sehingga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat pada umumnya,” ujarnya. (bgn003)24050110

Comments
Loading...