Media Informasi Masyarakat

Peringati HTTS, Gelar Aksi Pungut Puntung Rokok, Forum Anak Denpasar Kembali Gaungkan “Gebraaak”

Denpasar, Baliglobalnews

Forum Anak Daerah Kota Denpasar kembali menggaungkan aksi “Gebraaak” (Gerakan Bersama Anak Anti Asap Rokok) di Taman Kota Lumintang Denpasar Kamis (30/5/2024).

Aksi “Gebraaak” dengan memungut puntung rokok di lapangan setempat, dan menyerukan “Denpasar bukan asbak” dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak dengan mempertegas kembali bahaya rokok, sehingga prevalensi perokok anak khususnya di Kota Denpasar dapat ditekan jumlahnya. Hal ini tentunya akan membantu Kota Layak Anak di Kota Denpasar.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak di antaranya Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Selain itu, perwakilan siswa SMP di Denpasar juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Rangkaian diawali oleh Duta Anak Kota Denpasar 2024 dan Runner Up

Duta Anak Kota Denpasar 2024, Komisi Kesehatan yang menjelaskan mengenai rangkaian berlangsungnya aksi memungut puntung rokok pada kegiatan “Gebraaak”. Para peserta juga dipandu dan mendapatkan informasi mengenai cara-cara efektif untuk menolak ajakan merokok, serta membangun lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat dan bebas rokok.

Analis Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Teguh Bahari Utama, yang juga Pengelola Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) termasuk pengendalian tembakau menyampaikan, merokok di kalangan anak-anak dan remaja adalah masalah serius yang harus kita tangani bersama. Berbagai upaya-upaya telah dilakukan pemerintah dan organisasi terkait dalam menanggulangi prevalensi merokok di kalangan anak-anak dan remaja. 

“Seperti gaungan Gebraaak dari Forum Anak Denpasar kali ini sebagai langkah pengendalian pencegahan yang bisa mereka terapkan baik di lingkungan sekolah dan rumah, serta bagaimana mereka menjadi agen perubahan yang positif salam komunitas mereka,” ujarnya. (bgn003)24060109

Comments
Loading...