Media Informasi Masyarakat

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Pemkot Denpasar Lakukan Pencatatan Rekor Muri Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Melalui Lagu dan Pagelaran Tari Legong Pelajar Terbanyak

Denpasar, Baliglobalnews

Pemerintah Kota Denpasar berkolaborasi dengan Bank Indonesia menggelar kegiatan pencatatan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) yang dipusatkan di area SMP Negeri 2 Denpasar, Kamis (2/5/2025). Kegiatan yang bertajuk Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah”, melibatkan lebih dari 80.000 pelajar dan guru yang berasal dari 246 sekolah TK, SD dan SMP se-Kota Denpasar.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini, dikemas dalam gerakan menyanyi Lagu Cinta Rupiah dan juga tarian Legong 5000 ini sengaja digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, yang diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Hadir langsung untuk meresmikan kegiatan itu Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa ditandai dengan memukul taiko dan cengceng.

Wawali Arya Wibawa yang membacakan sambutan tertulis Walikota Denpasar mengatakan kegiatan pencatatan itu menjadi bukti nyata kolaborasi dan semangat bersama untuk memajukan pendidikan di Kota Denpasar dengan Bank Indonesia.

“Hari ini kita tidak hanya merayakan prestasi dalam mencatatkan rekor, tetapi juga menghargai upaya kolosal dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi masa depan kita,” katanya.

Menurut dia, lagu Cinta Bangga Paham Rupiah tidak hanya mencerminkan semangat cinta akan budaya, tetapi juga memberikan pelajaran penting tentang nilai-nilai keuangan yang sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pencatatan ini juga turut menampilkan Tarian Legong yang dibawakan oleh lebih dari 5.000 orang siswa, yang tidak hanya memperlihatkan keindahan budaya Bali, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan. “Selanjutnya, gerakan cinta rupiah ini akan dimasukkan dalam mata pelajaran IPS di Denpasar,” imbuhnya lagi.

Sementara, Perwakilan Muri, Yusuf Ngadri mengatakan mata uang Rupiah merupakan simbol kedaulatan NKRI selain Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. “Dengan diikuti 85.000 orang siswa, tentu ini hal yang sangat luar biasa. Gerakan dan kegiatan  menyanyi lagu Cinta Bangga Paham Rupiah, serta menari Tarian Legong dengan peserta terbanyak ini akan kami catatkan di MURI,” katanya.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, mengatakan gerakan Cinta Rupiah bisa disamakan dengan Cinta Indonesia. “Bangga Rupiah artinya turut juga menjaga kedaulatan RI dan paham Rupiah artinya ikut berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi,” tandasnya.

Tampak hadir Komisi 3 DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, Kadis Dikpora AA Gede Wiratama, beserta guru-guru dan unsur terkait lainnya. (bgn003)24050207

Comments
Loading...