Media Informasi Masyarakat

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Badung Hadiri Peluncuran Video “Garudaku Garudamu”

Badung, Baliglobalnews

Polresta Denpasar meluncurkan video “Garudaku Garudamu” di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Kuta Selatan. Bupati Badung Nyoman Giri Prasta turut menghadiri peluncuran video tersebut, Senin (29/11).

Acara juga dimeriahkan dengan Tarian Sekar Jepun sebagai maskot Kabupaten Badung juga Tarian Satya Bhayangkara sebagai maskot Polresta Denpasar. Selain live performance “Garudaku Garudamu” juga  live performance lagu Papua Ring Ati. Ada juga tarian Jaya Anusa Pertiwi. Dan yang tak kalah menariknya yakni penjelasan lagu Papua Ring Ati dan Festival yang melibatkan para penari  dari  grup Paduan Suara dan Tari Balipa Polresta Denpasar berkolaborasi dengan mahasiswa Papua itu digagas Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan.  Peringatan Hari Pahlawan di tahun 2021 ini mengusung tema, “Pahlawanku Inspirasiku”.

Bupati Badung, Giri Prasta, mengatakan Pemkab Badung memberikan apresiasi kepada Polresta Denpasar yang hari ini melaksanakan launching video “Garudaku Garudamu” dengan tema Pahlawanku Inspirasiku. Garuda adalah Raja diraja burung yang gagah perkasa. Kisah kepahlawanan Sang Garuda telah bersemayam di Pertiwi Nusantara merasuk dalam binar kegemilangan Kerajaan Majapahit yang merajut Nusantara dengan kasih keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. Nusantara mekar menjadi sekuntum bangsa merdeka, Indonesia, mengusung Sang Garuda sebagai Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Garuda adalah Lambang Negara dengan benteng Pancasila menjadi Pemersatu Bangsa Indonesia, sebagai generasi penerus bangsa kita wajib menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang terkandung.

“Garuda merupakan alat pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dan sebagai benteng pemersatu Kebhinekaan Bangsa Indonesia. Selamat atas launching Video Garudaku Garudamu, sukses Polresta Denpasar, jaya selalu Polri, Salam Presisi,” ucapnya.

Sementara Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dalam sambutannya mengungkapkan, jasa para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan pada tahun 2021 mengambil tema Pahlawanku Inspirasiku memiliki makna bahwa setiap masyarakat Indonesia hanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun potensi profesi masing-masing. Semangat persatuan dan kesatuan harus selalu berkobar dalam jiwa raga seluruh warga negara dengan burung garuda sebagai lambang negara. Videp “Garudaku Garudamu yang hari ini kita akan launching kemudian gerak tari lagu Papua, tarian Jaya Nusa Pertiwi dan tarian Satya Bhayangkara sebagai tarian maskot Polresta Denpasar, selanjutnya musik dan lagu Garudaku Garudamu diproduksi dengan nuansa etnik tekno yang akan dilaunching pada malam yang berbahagia ini. Demikian pula dengan lagu Papua Ring Hati juga saat ini sedang proses yang sama kita juga akan membuatkan musik videonya nantinya pasar sengaja mengangkat dan menampilkan kolaborasi dengan adik-adik mahasiswa Papua yang ada di Bali untuk menunjukkan Kepada seluruh masyarakat tentang keberagaman dan keterpaduan seni dan budaya bangsa Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika dan menunjukkan toleransi yang aman dan damai bagi kita semua.

Di penghujung acara dilakukan Penyerahan Piagam kepada AKBP I Gede Ganefo sebagai pembuat lagu “Garudaku Garudamu”  dan penyerahan donasi dari Kapolda Bali kepada perwakilan Kapolres Bangli dan perwakilan Kapolres Karangasem untuk diserahkan kepada masyarakat terdampak korban bencana alam. Penyerahan donasi untuk purnawirawan Polri dan keluarga dari anggota Polresta Denpasar yang meninggal akibat Covid-19.

(bgn003)21113011

Comments
Loading...