Media Informasi Masyarakat

Pencuri Gabah di Tabanan Ditangkap Polisi

Tabanan, Baliglobalnews

Jajaran Satreskrim Polres Tabanan berhasil mengungkap aksi pencurian gabah yang meresahkan para petani di Kabupaten Tabanan. Pelaku diketahui bernama Dimas, (29). Aksi pelaku pencurian yang sempat terekam CCTV warga, ditangkap polisi di tempat kosnya Jalan Farigata, Desa Dauh Peken, Tabanan.

Kapolres Tabanan, AKBP Leo Dedy Defretes didampingi Kasat Reskrim AKP Muhammad Said Husen mengatakan pelaku merupakan residivis kasus pencurian. Dimas keluar dari penjara sekitar tiga tahun lalu. Saat kembali melakukan aksi pencurian, pelaku juga sempat terekam kamera pengawas CCTV warga.

“Kembali lagi dengan aksi pencurian gabah pada 21 April lalu, terbongkar di sebuah garasi rumah milik Ni Luh Gede Kadek Novi Kristina Arianti di Banjar Dinas Gubug Belodan, Desa Gubug, Tabanan,” kata AKBP Leo Dedy, pada Sabtu (11/5/2024).

Menurut AKBP Leo Dedy, pelaku memanfaatkan harga beras yang lagi naik untuk melancarkan aksinya. “Pelaku ini cukup pintar dalam memanfaatkan peluang ekonomi saat melakukan aksinya. Sehingga mencuri gabah petani yang berada di pinggir jalan,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, Dimas mengaku melakukan pencurian gabah di lima TKP berbeda, seperti di pinggir jalan Desa Kutuh, Kerambitan, kemudian di tempat penggilingan gabah di Desa Riang, Penebel. Pelaku juga beraksi di Desa Gubug, daerah Antosari, Selemedeg dan di daerah Sudimara, Tabanan.

Barang bukti yang disita dari Dimas antara lain enam karung gabah siap giling, serta satu unit mobil pick up sewaan yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. “Hasil curiannya dijual, dan uangnya digunakan untuk biaya kehidupannya sehari-hari, karena pelaku ini tidak punya pekerjaan,” katanya.

Akibat perbuatannya tersangka Dimas dijerat dengan pasal 363 KUHP ayat (1) ke-3 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (bgn020)24051303

Comments
Loading...