Media Informasi Masyarakat

Pemkab Badung Konsen Majukan UMKM Melalui Pemanfaatan Digitalisasi Usaha

Mangupura, Baliglobalnews

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, mengapresiasi langkah Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan memajukan pelaku dan produk UMKM dengan memfasilitasi merambah pasar yang lebih luas secara digital serta untuk peluang meningkatkan omzet penjualan UMKM.

Hal tersebut disampaikan Wabup Suiasa pada acara penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. sekaligus membuka secara resmi pelatihan UMKM dengan tema “Go Digital, Digitalisasi Usaha Menuju UMKM Badung Naik Kelas” di Ruang Rapat Kriya Gosana, Puspem Badung, pada Jumat (19/1/2024).

“Kegiatan ini satu pembuktian upaya pemerintah melaksanakan visi misi kami di Kabupaten Badung dalam memberdayakan UMKM dengan pola strategi 5M yang memperhatikan management, man (pelaku UMKM), money (permodalan), material dan marketing, yang dilanjutkan dengan pola 3si yakni adaptasi, kolaborasi dan inovasi,” ujar Suiasa.

Pemerintah Badung juga memfasilitasi UMKM agar memperoleh permodalan mudah melalui KUR serta BUMDes di masing-masing desa untuk memberikan kredit bunga rendah dan saat ini pun Pemerintah sedang membuat program subsidi yang ditujukan untuk bunga kredit pinjaman UMKM yang dengan besaran pinjaman Rp25 juta.

“Melalui Diskop UKM kita sudah konsepkan dan sedang dirancang Perbupnya, segi permodalan, membuat satu kebijakan dengan nama Sidi Kumbara (inovasi, subsidi, kredit usaha mikro, badung sejahtera). tentu acara ini sangat membanggakan kita karena kegiatan ini merupakan wujud nyata kita bersama-sama mengimplementasikan dan membuktikan komitmen kita khususnya kami di Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya untuk kemajuan UMKM,” pungkas Wabup Suiasa.

Kepala Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan I Made Widiana mengatakan Pemkab Badung sangat memperhatikan perkembangan UMKM dalam hal permodalan, pemasaran dan promosi produk dan sangat mendukung proses digitalisasi UMKM dalam hal ini bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan transportasi dan digitalisasi pemasaran produk UMKM sehingga diharapkan mampu meningkatkan omzet penjualan serta pencatatan secara digital transaksi keuangan UMKM.

“Melalui kerja sama ini UMKM yang tergabung dalam merchant Go Food akan mendapatkan halaman promosi produk setiap hari dan program promosi harga serta program potongan ongkos kirim sehingga sangat besar harapan kami UMKM Badung bisa naik kelas,” ucapnya.

Hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra I Nyoman Sujendra, perwakilan Dinas Pariwisata, perwakilan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Kabag Kerja Sama Ida Ayu Yutri Indahgustari, pimpinan Gojek Wilayah Bali-Nusra Rayi Bimantara serta pelaku UMKM di Kabupaten Badung. (bgn003)24012002

Comments
Loading...