Media Informasi Masyarakat

Parade Budaya Meriahkan HUT Ke-820 Kota Bangli

Bangli, Baliglobalnews

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, membuka parade budaya dan pameran UMKM serangkaian HUT ke-820 Kota Bangli di Alun-alun Bangli pada Senin (13/5/2024).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan I Wayan Sugiarta menyampaikan pawai budaya tersebut merupakan wahana bagi seniman dan seniwati khususnya para seniman muda Kabupaten Bangli untuk mengekspresikan jiwa estetikanya dalam bentuk seni. “Begitu pula sebagai rasa syukur bahwa masyarakat Bangli dan Bali pada umumnya dianugerahi jiwa-jiwa yang damai dan seni yang luar biasa patut kita apresiasi sehingga potensi seni tidak ilang begitu saja namun bisa di kembangkan. Dalam pawai budaya hari ini kami melibatkan para seniman dengan menampilkan berbagai macam atraksi seni dan budaya dari masing- masing kecamatan yang di antaranya menampilkan materi pawai PKB Duta Kabupaten Bangli pada Pesta Kesenian Bali yang ke-46 yang akan datang yang diwakili Sanggar Pucuk Manik Desa Sulahan Kecamatan Susut yang mengambil tema ‘Jana Kerthi Pramaguna Wikrama’ yang berarti harkat martabat manusia unggul. Dan juga persembahan dari masing-masing kecamatan mulai dari penampilan gebogan buah, gebogan bunga oleh ibu-ibu PKK, payas agung, payas menek bajang, tari baris, fragmentari, serta parade ogoh ogoh yang diiringi gamelan baleganjur serta masih banyak lagi,” katanya.

Bupati Sedana Arta mengatakan bahwa rangkaian HUT Bangli yang ke 820 terus kita laksanakan dengan baik, dimana dua hari sebelumnya berturut turut dimeriahkan parade gong gebyar wanita dan anak anak serta gong gebyar mepadu Duta Kabupaten Tabanan dan Duta Kabupaten Bangli dan hari ini juga dibuka secra langsung  parade budaya se-Kabupaten Bangli dari empat kecamatan yang diikuti oleh lebih dari 500 seniman, ucapnya.

“Saya berharap dengan diadakannya Parade Budaya di Kabupaten Bangli ini kita tetap memiliki komitmen  penguatan adat, seni dan budaya tetap terjaga ditengah gempuran modernisasi dan selalu memiliki komitmen untuk trus menjaga adat, seni dan budaya agar senantiasa tetap lestari, karena ini merupakan warisan para pendahulu pendahulu kita,” katanya. (bgn003)24051501

Comments
Loading...