Media Informasi Masyarakat

Optimalisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, Sekda Alit Wiradana Buka Sosialisasi Perda Denpasar Nomor 8 Tahun 2023

 

Denpasar, Baliglobalnews

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, membuka sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Denpasar Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah di Kota Denpasar di Aula Mahotama, Graha Sewaka Dharma pada Selasa (4/6/2024).

Sekda Alit Wiradana ketika membacakan sambutan Walikota Denpasar, mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung program pemerintah serta menekankan bahwa sosialisasi Perda No. 8 tahun 2023 ini sangat penting untuk diikuti, dipahami dan dilaksanakan.

“Mengingat persoalan sampah bukan urusan pemerintah semata, namun perlu adanya kolaborasi/sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan swasta agar pengelolaan sampah di Kota Denpasar secara bertahap dapat tertangani dengan baik,” ujarnya.

Dia mengharapkan melalui kegiatan sosialisasi itu dapat menumbuhkan dan mendorong terciptanya kepedulian terhadap lingkungan dan meningkatkan estetika, kesehatan masyarakat serta meningkatkan pengawasan dan pemahaman terhadap tata kelola persampahan di kota Denpasar.

Kepada seluruh kepala lingkungan dan pelaksana kewilayahan agar segera melaksanakan pengelolaan sampah sesuai Perda No 8 tahun 2023 tentang penyelenggaraan pengelolaan sampah, dan instruksi Walikota Nomor 1 Tahun 2024 tentang optimalisasi pengelolaan berbasis sumber

“Sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dalam mewujudkan lingkungan Kota Denpasar yang bersih, indah, dan pengelolaan sampah berbasis sumber dapat terwujud.” katanya

Sementara Kepala Dinas LHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa, menambahkan acara sosialisasi perda no 8 tahun 2023 di Pemkot Denpasar ini berlangsung selama 4 hari. Adapun keterlibatan peserta setiap harinya berbeda-beda sesuai Kecamatan, dan  nantinya apa yang disampaikan dapat terfokus di masing-masing wilayah.

“Tujuan diadakannya sosialisasi ini semoga dapat meningkatkan peran serta aktif masyarakat terhadap pengelolaan sampah di Kota Denpasar,” ujarnya.

Di samping itu pelaksanaan sosialisasi ini dapat memberi informasi dan pemahaman kepada peserta sosialisasi tentang pengelolaan sampah berbasis sumber, serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi semua pihak untuk percepatan penanganan sampah di Kota Denpasar.

Acara sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam upaya menyebarkan informasi dan pemahaman mengenai regulasi baru ini kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kota Denpasar.

“Sehingga diharapkan dalam sosialisasi dalam penerapan Perda tentang kebersihan  ini akan tercipta kesadaran kolektif untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya. (bgn003)24060409

Comments
Loading...