Media Informasi Masyarakat

Ny. Sanjaya Populerkan Pojok IKM Dekranasda Tabanan ke Kancah Nasional

Tabanan, Baliglobalnews

Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Ny. Sanjaya, menyatakan sangat berkomitmen mengembangkan sektor industri kecil menengah (IKM) dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Tabanan. Salah satu langkah kecil namun berdampak besar yang dilakukan, yakni mengembangkan Pojok IKM Dekranasda.

Ditemui di Pojok IKM Dekranasda lobi Kantor Bupati Tabanan pada Selasa (23/5/2023), Ny. Sanjaya mengatakan dibentuknya pojok IKM untuk mempromosikan produk-produk kerajinan Tabanan kepada para tamu yang berkunjung ke Pemkab Tabanan. Selain mempercantik lobi kantor juga sekaligus memperkenalkan kerajinan-kerajinan khas Tabanan.

“Saya melihat lokasi ini bagus kalau disulap menjadi Pojok Dekranasda. Jadi di pojok ini mengkondisikan untuk semua pengrajin di seluruh penjuru Tabanan untuk memamerkan sekaligus untuk menjual produknya, saya berpikir seperti ini, pasti ramai yang mau bertemu Bapak Bupati, kalau tamu-tamu yang berkunjung itu melihat kerajinan, kan jadi tertarik untuk membeli, jadi sekalian bisa dipromosikan,” katanya

Etalase mini ini yang ditampilkan, selain dilengkapi produk IKM juga difasilitasi dengan kartu nama masing-masing pengrajin serta barcode qris untuk tamu yang  bertransaksi secara langsung. Fasilitas pembayaran digital yang disajikan, menjadi kemudahan dalam melakukan transaksi non tunai (cashless payment) yang kini menjadi pilihan yang lebih diminati.

Dalam Pojok IKM Dekranasda tersebut terdapat beberapa produk kerajinan dari pelaku IKM lokal Tabanan yakni keramik, kerajinan besi, anyaman bambu, pakaian adat, kain tenun, kerajinan kerang dan kerajinan batok kelapa. Produk-produk unggulan tersebut sampai saat ini telah mampu bersaing khususnya di kancah nasional, sehingga Bunda Rai sangat getol menggaungkan IKM Tabanan.

Dekranasda selain mempromosikan IKM lokal juga memiliki tugas utama dalam pelestarian produk khas, salah satunya baju motif endek khas Bali. Pihaknya menyatakan, penggunaan baju motif endek khas Bali oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan di setiap hari selasa juga merupakan salah satu langkah efektif dalam pelestariannya. (bgn003)23052403

Comments
Loading...