Media Informasi Masyarakat

Kurangi Penggunaan Botol Plastik, Ny. Adnyani Mahayastra Serahkan Tumbler kepada Anak-anak SD di Desa Medahan

Gianyar, Baliglobalnews

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, menyerahkan bantuan tumbler atau botol air minum kepada anak-anak SD di Desa Medahan, yang dipusatkan di SDN 5 Medahan, Jumat (24/7). Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan plastik terutama dalam bentuk kemasan air minum.

Adnyani Mahayastra yang didamping Plt. Kadis Lingkungan Hidup, Wayan Kujus Pawitra; Camat Blahbatuh, IB Darma Yuda dan Perbekel Desa Medahan, Wayan Buana, juga menyerahkan bantuan bibit tanaman Hatinya PKK, tanaman upakara dan pupuk organik. Bantuan itu merupakan inovasi dari pihak Desa Medahan bekerjasama dengan DLH Kabupaten Gianyar dan TP PKK Kabupaten Gianyar.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, menyerahkan bantuan tumbler atau botol air minum kepada anak-anak SD di Desa Medahan, yang dipusatkan di SDN 5 Medahan, Jumat (24/7)

Menurut Adnyani Mahayastra, pemberian bantuan tumbler untuk anak-anak SD, di samping mengajarkan anak-anak untuk membawa minuman sendiri dari rumah, juga untuk mengedukasi mereka sejak dini untuk peduli pada kebersihan lingungan dengan mengurangi penggunaan botol plastik.

”Pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah sangat efektif, selain sehat karena minumannya dibawa dari rumah. Juga kita bisa mengedukasi anak-anak sejak dini untuk peduli pada lingkungan dengan cara mengurangi membeli minuman dalam kemasan plastik,” katanya.

Pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah merupakan inisiatif desa untuk membantu mengurangi sampah plastik sekaligus mengedukasi mereka tentang kelestarian lingkungan sejak dini.

Dia berharap agar orangtua, khususnya ibu-ibu, membiasakan anak-anak untuk membawa bekal ke sekolah. Pasalnya, selain lebih sehat juga bisa mengurangi mereka jajan sembarangan di sekolah. Menciptakan kebersamaan, sarapan penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

Dia juga mengimbau pada pihak sekolah untuk menyediakan juga air putih dalam galon mengantisipasi air minum mereka habis. Ini penting juga untuk berjaga-jaga, jika air yang dibawa dari rumah habis, mereka tidak membeli minuman sembarangan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan bantuan bibit tanaman.

Selain di Desa Medahan, tumbler juga akan diberikan kepada anak-anak sekolah dasar di seluruh Kabupaten Gianyar. Bahkan, rencananya Ny. Surya Adnyani Mahayastra tahun 2021 nanti akan memberikan bantuan tumbler untuk anak-anak TK di Kabupaten Gianyar. Dipilih pada bulan Juli mengawali pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah, karena pada 23 Juli ini merupakan Hari Anak Nasional.

Terkait dengan pemberian bantuan bibit tanaman Hatinya PKK,  dia menyebutkan bersinergi dengan dinas/instansi terkait, dalam hal ini DLH Kabupaten Gianyar maupun Desa Medahan, bagaimana menciptakan halaman rumah tangga menjadi hijau. Ditanami tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari seperti tomat, cabai, sayur dan lain-lain. Dia juga mengimbau di sekolah-sekolah menanam tanaman yang bermanfaat.

Sementara Perbekel Desa Medahan, Wayan Buana, menambahkan, pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah merupakan inisiatif desa untuk membantu mengurangi sampah plastik sekaligus mengedukasi mereka tentang kelestarian lingkungan sejak dini. Terkait dengan implementasi pelaksanaan Pergub No.47 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah, pemilahan sampah dari sumber, yang menjadi sasarannya adalah ibu-ibu rumah tangga. Ini tepat sekali karena rumah tangga yang menghasilkan sampah adalah ibu-ibu. Dalam artian sampah dapur , sampah dipilah organik dan anorganik dipilah dari sumber.

”Saat ini kita juga akan melatih ibu-ibu untuk membuat kompos di rumah sendiri. Kedepan nanti di desa medahan akan disiapkan bank sampah ada 4 titik di setiap banjar,” katanya. (bgn/kominfo)20072407

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...