Media Informasi Masyarakat

Kolaborasi Relawan dan Pemerintah Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19 di Masyarakat

Klungkung, Baliglobalnews

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster beserta anggota TP PKK Provinsi Bali, para relawan dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali melakukan berbagai kegiatan sosial di Pelabuhan Penyebrangan Tribuana, Desa Kusamba, Klungkung, Sabtu (15/8).

Ny. Putri Koster menyampaikan apresiasi atas semangat dari para relawan yang secara terus-menerus melakukan aksi sosial di tengah masyarakat di seluruh kabupaten/kota se-Bali dalam upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Bali. Dia mennilai dengan semangat dari para relawan dan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah, Bali bisa menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Pusat terkait upaya penanggulangan Covid-19.

”Apresiasi dan keberhasilan tersebut tidak terlepas dari semangat gotong-royong, saling menolong, sagilik-saguluk salunglung sabayantakaparas paros sarpanaya, saling asah, asih dan asuh yang merupakan kearifan lokal kita. Semua komponen masyarakat bersemangat, saling mendukung, saling membantu, dan bersama-sama kita bangkit dari situasi ini. Seberat apapun permasalahan kita hadapi, jika kita bersatu, bersemangat kita pasti akan menemukan solusi yang tepat,” katanya.

Ny. Putri Koster yang akrab  dipanggil Bunda Putri itu mengajak para relawan serta satgas agar tidak pernah lelah dan terus bersemangat dalam melakukan aksi sosial  terlebih kita belum tahu kapan virus ini akan berakhir. Demikian pula halnya dengan PKK juga akan terus melakukan berbagai kreativitas serta aksi sosial dalam upaya penanganan Covid-19, seperti melalui Gebrak Masker Mandiri untuk Bali serta kegiatan berbagi sembako kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. ”Pendistribusian sembako dan masker ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama bukan bertujuan untuk memanjakan. Kita harus mandiri, kita lawan, kita bisa dan pasti kita menang melawan Covid-19,” katanya.

Sementara Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, dalam laporannya menyampaikan aksi sosial pada pagi itu diikuti 15 organisasi relawan Satgas Covid-19 Provinsi Bali bidang keamanan di antaranya Pecalang Bali, Palang Merah Indonesia, Orari, RAPI, Bali Rescue dan SAI Rescue . 

Darmadi menyebutkan para relawan itu sudah lima bulan melakukan aksi sosial serta edukasi tidak hanya di seluruh Bali, juga sampai di Ketapang, Banyuwangi. Para relawan membagikan paket sembako, APD serta mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat.

Para relawan melakukan aksi sosialnya dengan penuh semangat sehingga dapat ikut berkarya dan membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Bali. ”Kita semua seluruh lapisan masyarakat bersama-sama, bergotong-royong agar bisa bangkit dari situasi ini,” katanya. 

Dalam aksi sosial yang mengusung tema ”Mendorong Bali Bangkit Dalam Tatanan Bali Era Baru Melalui Semangat Hari Jadi ke-62 Provinsi Bali dan HUT ke-75 RI itu turut dihadiri oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, jajaran TNI/Polri serta jajaran Satpol PP Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung,

Dalam aksi sosial kali ini diserahkan bantuan berupa 167 peket sembako, 1.800 masker, 167 paket PHBS serta 9 APD dari pada relawan serta 1.000 masker serta 25 paket sembako dari TP PKK Provinsi Bali kepada Seka Sorog Banjar Bias, Seka Sorog Banjar Tribuana, Seka Kajang Banjar Tribuana, pecalang serta bendesa. Aksi sosial juga diisi dengan pelayanan kesehatan, kegiatan penyemprotan disinfektan serta fogging. (bgn/hms)20081514

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...