Media Informasi Masyarakat

Ketua TP PKK Gianyar Serahkan Bantuan 3.000 Bibit Tanaman Hatinya PKK

Gianyar, Baliglobalnews

Tahun 2021 nanti ada beberapa program yang menjadi target TP PKK Kabupaten Gianyar. Untuk Hatinya PKK tidak lagi terfokus pada pemberian bibit tanaman, namun lebih pada bagaimana pengolahan hasil dari tanaman menjadi produk makanan tertentu.

Demikian ditegaskan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, saat memberikan bantuan bibit tanaman Hatinya PKK yang merupakan CSR dari PT Indonesia Power  Generation Unit, pada 10 desa di Kabupaten Gianyar, di Pendopo Sekretariat Kantor TP.PKK Kabupaten Gianyar, Senin (26/10).

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyatakan tetap fokus pada Hatinya PKK bukan lagi pemberian bantuan bibit tanaman, tapi lebih pada pengawasan atau kontrol. Kedua, setelah tanaman ini berbuah dan menghasilkan lebih, hasilnya harus diapakan supaya tidak busuk terbuang.

Jadi, kata dia, program selanjutnya di tahun 2021 adalah pengolahan Hatinya PKK. Mungkin tidak bisa menyasar seluruh desa, akan ada proyek percontohan di satu desa, seperti pelatihan pengolahan cabai atau tomat dibuat menjadi saos, atau tanaman bayam dibuat menjadi kripik dan lain sebagainya. Di samping Hatinya PKK, juga bersinergi dengan puspa aman dan TPS 3R.

Istri Bupati Gianyar, Made Mahayastra, tersebut berharap agar pihak kecamanan rutin memantau tiga program tersebut.  TPS 3R pemilahan sampah di rumah tangga, ini juga menjadi fokus di tahun 2021.

“Tahun 2020 ini kami fokus memberikan bantuan bibit tanaman. Karena  tanaman ini bersifat musiman, ini tentunya inovasi dari ibu-ibu kader di rumah tangga  diharapkan dalam pembibitan. Dan selanjutnya nanti kita akan fokus pengolahan hasil Hatinya PKK,” katanya.

Saat ini, kata dia, di 70 desa/kelurahan sudah mendapat bantuan Hatinya PKK. Ke depannya dia mengharapkan jangan lagi menunggu bantuan, karena harus sudah mulai bisa pembibitan sendiri. Sesuai konsep Hatinya PKK yaitu memenuhi kebutuhan keluarga yang memang dibutuhkan oleh keluarga tersebut. Di sana kita berikan tanaman seperti sayur-sayuran seperti terong, cabai, seledri dan lain-lain. Kebutuhan seperti ini sifatnya murah, tapi ini merupakan kebutuhan sehari-hari. Dimana jika ini terpenuhi dirumah tanpa harus membeli, dan  jika diakumulasi dari segi  biaya tentu akan sangat membantu keluarga.

“Saya mengapresiasi karena pergerakan ibu-ibu PKK di kecamatan dan desa sudah luar biasa, karena walaupun kami di TP PKK Kabupaten giat bergerak artinya membuat inovasi, gerakan, bantuan atau apapun itu, tetapi kalau tidak didukung oleh PKK kecamatan ataupun desa, kita tidak bisa juga berbuat apa-apa,”  katanya.  Pada kesempatan kali ini, Ny. Mahayastra menyerahkan bantuan 3.000 polybag bibit tanaman Hatinya PKK yang merupakan CSR dari PT Indonesia Power Generation Unit, seperti bibit seledri, cabai, pepaya, terong, tomat dan tanaman pare. Bantuan ini diserahkan pada 10 desa di Kabupaten Gianyar, masing-masing desa mendapatkan bantuan 300 bibit. (bgn122)20102611

Comments
Loading...