Media Informasi Masyarakat

Kaum Perempuan Berperan Penting Memutus Penyebaran Covid-19

Denpasar, Baliglobalnews

Ketua TP-PKK Kota Denpasar, Ny. IA Selly Dharmawijaya Mantra, mengatakan pada masa pandemi seperti sekarang ini, kaum perempuan sebagai orangtua memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang dimulai dalam keluarga.

Hal itu disampaikan Selly Mantra ketika menjadi narasumber dalam webinar yang mengambil tema ”Kiat Pendampingan Anak Dalam Pembelajaran Dirumah di masa Pandemi Covid-19 Anak Senang, Orangtua Bahagia” di Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Jumat (14/8).

Selly memandang penting pedoman pengasuhan berbasis hak anak dalam masa pandemi Covid-19 ini untuk memenuhi kebutuhan anak akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang menetap dan keberlanjutan demi kepentingan terbaik anak.

Menurut dia, beberapa kiat dapat diterapkan orangtua dalam mendampingi anak selama masa pandemi Covid-19 di mana orangtua harus siap secara emosional, mampu membuat suasana aman dan nyaman bagi anak dan juga orangtua harus kreatif dan terapkan juga disiplin positif bagi anak.

Mendampingi anak selama proses belajar di rumah pada masa pandemi, kata dia, dapat membantu anak tetap bersemangat belajar dan tidak merasa sendiri walaupun tidak dalam situasi normal sekolah. ”Selama masa pandemi covid-19 ini, pastinya anak juga mengalami kejenuhan selama proses belajar di rumah, sehingga di sinilah peran orangtua diharapkan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Peran Grup Whatsapp sekolah atau wali kelas disini juga dapat membantu bagi orangtua dalam berbagi tips pendampingan anak di masa pandemi,” katanya.

Dia menyadari semua merasakan dampak pandemi Covid-19, walaupun sekarang telah memasuki adaptasi kebiasaan baru. ”Di balik itu semua, peran orangtua harus semakin diasah dalam mendampingi anak tetap produktif belajar dirumah dan saat mendampingi anak dalam menerapkan protokol kesehatan di masa tatanan kebiasaan baru,” tegasnya.

Webinar yang juga menghadirkan narasumber Asisten Administrasi Umum Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari orangtua, guru mulai tingkat PAUD hingga SMA, perwakilan PKK desa/lurah se-Kota Denpasar serta para pemerhati anak. (bgn/hms)20081421

Comments
Loading...