Media Informasi Masyarakat

Hari Kelima Operasi Patuh Lempuyang 2020, Polres Bangli Tindak 146 Pelanggar

Bangli, Baliglobalnews

Hari Ke-5 Operasi Patuh Lempuyang 2020, Polres Bangli menindak 146 pelanggar. Hal tersebut dikatakan oleh Kasat Lantas Polres Bangli, AKP I Ketut Sukadana, S.H, di Polres Bangli, Senin (27/7).

Sukadana menuturkan Operasi Patuh Lempuyang digelar dengan tujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan, khususnya di wilayah Hukum Polres Bangli. Dalam operasi ini Satuan Lalu Lintas bersinergi dengan fungsi terkait lainnya di antaranya fungsi Sabhara, Intel dan Anggota Sie Propam sebagai pengawasan terhadap pelaksanaan tugas operasi.

Polres Bangli menindak 146 pelanggar pada hari ke-5 Operasi Patuh Lempuyang 2020, Senin (27/7).

”Sampai hari ini pelaksanaan operasi sudah berlangsung selama lima hari dari tanggal 23 Juli hingga 27 Juli, dan kami sudah menindak sekitar 146 pelanggar di antaranya 39 dengan tindakan tilang dan 107 teguran tertulis,” ujarnya

Kasat Lantas juga mengatakan tindakan represif dalam bentuk tilang diberikan kepada para pengendara yang melakukan pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan maupun fatalitas kecelakaan diantaranya tidak menggunakan helm standar SNI, pengemudi di bawah umur dan pengendara melawan arus.

”Kalau pengemudi lupa membawa Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau masker ya kita beri teguran tapi kalau yang tanpa helm atau melawan arus seperti di Jalan Lettu Anom Bangli ya kita tilang,” ujarnya

Penilangan, kata dia, didominasi oleh pelanggaran tanpa helm dan melawan arus. Mereka sebagian besar beralasan karena rumah dekat dan tidak mau lewat jalur memutar. Padahal apa yang dilakukan sangat berisiko menyebabkan kecelakaan dan fatalitas kecelakaan bagi yang tanpa helm,” katanya.

Dia menyebutkan operasi mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan melalui kegiatan patroli dialogis kepada pengendara namun tidak mengesampingkan tindakan Represif atau penegakan hukum.

”Di masa pandemi ini kami mengutamakan pembinaan kepada masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu-lintas,” tandasnya. (bgn/humas)20072705

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...