Media Informasi Masyarakat

Gubernur Koster Resmi Berlakukan Tahap Pertama Tata Kehidupan Era Baru

Denpasar, Bali Global News

Provinsi Bali memulai tahapan pertama menuju tatanan era baru. Tahapan ini ditandai dengan pelepasan rombongan mobil kuno ”Road to Penerapan Tata Kehidupan Era Baru Provinsi Bali” oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, di halaman Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (9/7). Puluhan rombongan mobil kuno ini oleh Wakil Gubernur, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dengan melakukan sosialisasi di sejumlah objek wisata di Karangasem, Buleleng dan Tabanan.

Dalam sambutannya, Gubernur Koster mengatakan sesuai dengan rencana yang telah diputuskan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali, kemudian GTPP Kota dan kabupaten se-Bali serta anggota Forkopimda pada Kamis (9/7) Provinsi Bali mulai melakukan aktivitas dalam rangka pelaksanaan Tatanan Kehidupan Era Baru sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali era Baru. 

Gubernur memberikan sambutan terkait Pemerintah Provinsi Bali siap memulai tahapan pertama menuju tatanan era baru.

”Hari ini adalah hari yang baik kita memulai dengan tahap pertama, yaitu pelaksanaan aktivitas masyarakat hanya untuk lokal masyarakat Bali, yaitu pada tanggal 9 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Kamis Wrespati Umanis Sinta. Hari baik yang telah kita pilih bersama-sama,” ujar Gubernur.

Dia mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang diprakarsai oleh Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali. Bahkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, langsung memimpin acara sosialisasi ke beberapa kabupaten ini.

”Semoga masyarakat Bali dengan baik melaksanakan aktivitas mulai hari ini secara resmi sesuai dengan protokol tatanan kehidupan era baru,” katanya seraya berharap agar seluruh komponen masyarakat bersama-sama melaksanakannya dengan tertib dan sukses seraya berdoa agar semua tahapan ini mendapat restu, izin serta tuntunan dan bimbingan Sang Hyang Widhi Wasa.

Pada saat Wagub dan rombongan roadshow ke Karangasem, Buleleng dan Tabanan, Gubernur Wayan Koster juga meninjau penerapan protokol tatanan kehidupan era baru di tiga objek wisata yang terletak di tiga kabupaten berbeda. Yang pertama, Gubernur meninjau objek wisata Taman Safari Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar, berlanjut ke Museum Kerta Gosa di Kabupaten Klungkung dan terakhir objek wisata pusat perbelanjaan Beachwalk di Kabupaten Badung.

Di tiga objek wisata tersebut, Gubernur benar-benar memastikan protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik mulai dari sebelum masuk objek hingga pelaksanaan di dalam objek wisata. Saat di pusat perbelanjaan Gubernur juga masuk ke beberapa tenant untuk berbincang langsung dengan pelaku usaha tentang protokol kesehatan yang dijalankan di tempat tersebut. Secara umum objek-objek wisata ini tampak sudah siap melaksanakan protokol kesehatan tatanan era baru.

Seperti diketahui, pelaksanaan tatanan era baru terbagi dalam tiga tahap, yakni tahap pertama tanggal 9 Juli untuk masyarakat lokal. Selanjutnya tahap kedua tanggal 31 Juli aktivitas diperluas untuk sektor pariwisata untuk wisatawan nusantara. Jika semua berjalan lancar, tahap ketiga tanggal 11 September 2020 akan dibuka untuk wisatawan mancanegara. ”Semua ini akan dievaluasi setiap tahap dan kita berharap agar semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan rencana,” kata Gubernur.

Hadir dalam peninjauan lapangan Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Golose; Danrem 163/Wirasatya, Brigjen TNI Husein Sagaf; Sekda Pemprov Bali, Dewa Made Indra, dan bupati setempat. (bgn/humas)20070907

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...