Media Informasi Masyarakat

Gubernur harapkan kopi manggarai tersedia di hotel-hotel Labuan Bajo

Nasional, Baliglobalnews

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat mengharapkan agar produk Kopi Colol, Kabupaten Manggarai Timur tersedia pada setiap hotel yang khususnya ada di Labuan Bajo dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

“Memang kopi kita ini mau bersaing di hotel – hotel tapi kopi sachetnya kan tidak ada. Kita akan mulai siapkan kopi dalam bentuk sanchet dan kalau sudah jadi seluruh hotel – hotel yang ada di Labuan Bajo tidak ada kopi lain, adanya kopi Colol. Kalau ada kopi lain hotelnya kita peringatkan, tidak mau dengar kita tutup hotelnya,” katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Manggarai Timur.

Viktor menilai kualitas kopi Colol yang telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai kopi terbaik dunia sangat layak untuk diapresiasi dengan ditempatkan dalam setiap kamar – kamar hotel yang ada di Labuan Bajo.

Hal ini menurut Gubernur Viktor merupakan salah satu upaya yang efektif dalam memasarkan kopi Colol agar mampu dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Hadirnya Kopi Poco Nembu Colol dalam bentuk kemasan menurut Viktor mampu meningkatkan daya saing kualitas produk Kopi Colol dengan kopi lainnya. Untuk itu Viktor mengharapkan semua produk kopi Manggarai mampu dibuat dalam bentuk kemasan atau sachet.

Dengan dijadikannya Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi Super Premium di Indonesia, Gubernur Viktor pun mendorong produk – produk kopi Colol mampu dikemas dengan sebaik mungkin.

Kehadiran Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sebagai akselerator pengembangan Pariwisata Labuan Bajo Flores diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk kopi Colol yang berdaya saing.

“Karena kita sedang mendorong Labuan Bajo sebagai tempat pariwisata super premium dan produk yang masuk disitu harus produk super premium. Kenapa Colol menjadi kopi premium karena dia telah mendapatkan predikat sebagai kopi terbaik dan kemasannya juga harus dikemas dalam bentuk yang premium,” ujar dia.

Orang nomor satu di NTT itu meminta agar Dirut BPOLBF Shana Fatina untuk bantu sejumlah Bumdes di daerah itu agar mampu memberikan packaging – packaging terbaik sehingga kedepannyamampu memperkenalkan kopi – kopi ini kepada wisatawan.

Viktor juga menyampikan apresiasinya kepada Bank NTT dalam upayanya untuk terus mendukung para petani Kopi Colol dalam menghasilkan kopi berkualitas, baik melalui bantuan mesin produksi kemasan maupun pendampingan serta pelatihan bumdes binaan, hingga sampai kepada proses sertifikasi.

“Terima kasih kepada Bank NTT yang terus berpartisipasi dalam mendorong agar kopi – kopi colol dan kopi di seluruh NTT mendapatkan penghargaan dan sertifikasi dan kedepan ini dapat diakui dan kita mampu untuk mendesain lebih baik kedepannya.

Dalam kunjungan ini juga, Gubernur Viktor berharap kolaborasi semua pihak dalam mendorong serta meningkatkan peran masyarakat agar mampu memaksimalkan semua potensi – potensi yang ada pada sebuah daerah untuk kemudian dapat digunakan dalam mengambil bagian pada geliat industri pariwisata yang telah di dapuk menjadi sektor utama penggerak ekonomi rakyat NTT.(bgn123)21052810

Comments
Loading...