Media Informasi Masyarakat

Duta Kesenian Barong dan Baleganjur PKB XLVI Duta Denpasar Siap Berikan Penampilan Terbaik

Denpasar, Baliglobalnews 

Duta Kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 terus melaksanakan persiapan. Tak terkecuali Seka Nayakanari yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Barong dan Seka Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Baleganjur. Keduanya dipastikan siap pentas dan memberikan sajian terbaik pada event seni tahunan Provinsi Bali ini. Hal tersebut terungkap saat pembinaan oleh Tim Kesenian Kota Denpasar di Jaba Puri Agung Jematang, Jumat (17/5/2024) petang. 

Walikota Jaya Negara mengapresiasi berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Seka Nayakanari dan Sekeha Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Lomba Baleganjur.

Walikota menyebutkan secara umum kedua seka telah menunjukkan penampilan yang optimal. Terlebih Seka Gong Nayakanari yang merupakan seka gong wanita dan kali ini menjadi pengiring Tari Barong. Meski demikian, tentunya persiapan harus terus dioptimalkan pada sisa waktu yang tersedia. Sehingga nantinya saat pentas penampilan kedua seka ini dapat lebih maksimal. 

“Saya berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB terus berlatih untuk memberikan hasil yang terbaik, optimalkan sisa waktu yang tersedia, astungkara memberikan hasil maksimal nantinya dan tetap jaga kesehatan,” ujarnya.

Koordinator Seka Nayakanari, I Wayan Murda, mengatakan beragam persiapan terus dioptimalkan guna memaksimalkan penampilan Duta Barong Kota Denpasar ini. Namun hal yang menarik, tahun ini penabuh pengiringnya adalah wanita. 

Dikatakannya, barong ket merupakan salah satu kesenian Bali yang erat hubungannya dengan upacara agama Hindu di Bali. Dalam konsep keagamaan barong diartikan menjadi dua kata yaitu “bar atau bor” yang berarti poros dan “Ong” adalah aksara suci yang memiliki simbul Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). 

“Mohon dukungan semoga kita bisa memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Seka Gong Cittha Gurnita Kanti, Desa Dauh Puri Kauh, Anak Agung Ngurah Tresna Adnyana. Pihaknya berharap dapat memberikan penampilan dan hasil maksimal untuk Kota Denpasar. 

Dia menyebutkan Seka Gong Cittha Gurnita Kanti membawakan garapan bertajuk Wala Tanda. Garapan ini menceritakan tokoh Ida Padanda Made Sidemen yang dikenal sebagai sosok sastrawan besar pada abad ke-20 yang mempunyai komitmen tinggi dalam usaha mengedukasi masyarakat, guna menguasai dan mendalami seni, budaya, adat dan agama di Bali. (bgn003)24051807

Comments
Loading...