Media Informasi Masyarakat

Denda Rp 100.000 Mulai Diterapkan di Seluruh Bali

Denpasar, Baliglobalnews

lnformasi penerapan sanksi denda Rp 100.000 jika tidak memakai masker yang beredar di masyarakat, terutama di grup-grup WA, ternyata memang bukan info isapan jempol semata.

Kepastian penerapan sanksi denda tersebut dibenarkan oleh Kepala Satpol PP Provinsi Bali, Dewa Darmadi, ketika dimintai konfirmasi Kamis (3/9).

Informasi yang beredar di media sosial menyebutkan pada Jumat (4/9) akan dilaksanakan sidak masker yang masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi.  Sedangkan pada Senin (7/9) sidak serentak serentak di seluruh Bali disertai dengan pengenaan denda Rp 100.000 bagi warga yang tidak memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Menurut Dewa Darmadi, operasi aksi pendisiplinan dilaksanakan serentak di seluruh Bali. Dia juga memastikan pengenaan sanksi denda bagi warga yang beraktivitas di luar rumah diterapkan saat sidak pada Senin (7/9).

“Sosialisasi sudah cukup 10 hari di berbagai media, baik media cetak, online, youtube, bener, baliho, maupun spanduk, bahkan aksi bagi-bagi masker gratis yang tiap harinya menyasar di areal-area strategis dan cukup ramai masyarakatnya sekaligus kita edukasi dan sosialissikan langsung ke masyarakat,” katanya.

Dewa Darmadi juga menyebutkan imbauan-imbauan tentang wajib prokes (protokol kesehatan) sudah dilaksanakan jauh seblelum terbitnya Pergub no.: 46 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Pergub tersebut mengatur tentang sanksi administratif bagi pelanggar protokol kesehatan dengan besaran denda Rp 100.000 bagi perorangan, dan Rp 1.000.000 bagi pelaku usaha dan tempat fasilitas umum lainnya.

“Imbauan dan edukasi sudah cukup lama dilaksanakan dengan menggandeng TNI, Polri, mahasiswa dan organisasi relawan.

Jadi, tidak ada kata tidak tahu. masker kan barang murah, mudah didapatnya,  dan lumrah digunakan di berbagai kegiatan aktivitas di luar rumah,” katanya.

Dia juga mengingatkan warga yang menggelar upacara yadnya wajib menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan memakai sabun di air yang mengalir. “Kalau di luar rumah ya, juga bawa hand sanityzer,” katanya seraya menambahkan pada sidak serentak seluruh Bali dengan penerapan sanksi denda melibatkan personil gabungan 1.200 orang lebih. (bgn/din)20090302

Comments
Loading...