Media Informasi Masyarakat

Bupati Sedana Arta Hadiri Peresmian “Genah Mesawitra Restorative Justice” di Desa Bunutin

Bangli, Baliglobalnews

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menghadiri peresmian “Genah Masawitra Restorative Justice” oleh Kejati Bali dengan memukul gong di Balai Masyarakat Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, pada Senin (27/5/2024).

Acara diisi dengan menandatangani prasasti oleh Kejati Bali, Bupati Bangli dan Kajari Bangli serta menyerahkan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKP2) kepada tersangka, penyidik dan tokoh masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangli, Era Indah Soraya melaporkan tujuan  peresmian Genah Masawitra Restorative Justice Kejaksaan Negeri Bangli sebagai rumah ke-2 Restorative Justice Kejaksaan Negri Bangli. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang diselesaikan melalui mekanisme restorative justice. “Kami berharap hal ini bisa membantu dalam melaksanakan tugas untuk menjaga ketertiban dan ketenteraman umum. Semua penyelesaian hukum kecil-kecil agar bisa diselesaikan dengan restorative justice,” katanya.

Dia menyebutkan “Rumah Genah Masawitra Restorative Justice’ fungsinya akan diperluas untuk tempat pelayanan hukum bagi masyarakat dengan pola jemput bola.

Sementara Bupati Bangli Sedana Arta menyambut baik dan mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada kejaksaan Negeri Bangli dalam menghadirkan Rumah genah Mesawitra Restorative Justice yang ke 2 ini. Kami sangat meyakini Restorative Justice telah menjadi alternatif penyelesaian perkara, dimana ada pemulihan keadaan semula. Sehingga melalui konsep penyelesaian keadilan Restorative ini kehidupan harmonis di masyarakat dapat terwujud dengan baik. Sedana Arta juga berharap semoga dengan adanya Genah Mesawitra Restorative Justice dapat mejadi wadah untuk melaksanakan musyawarah sehingga terciptanya keharmonisan di tengah masyarakat, pungkas nya.

Peresmian tersebut dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat Desa Pelopor Integritas dan Sadar Hukum kepada Desa Bunutin dan sertifikat Duta Sadar Hukum kepada Bendesa Adat Bunutin.

Hadir pula Wakil Kepala dan Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Bali, Ketua DPRD Bangli, Perwakilan Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, Camat Bangli, Kepal Desa Bunutin serta undangan terkait lainnya. (bgn003)24052704

Comments
Loading...