Media Informasi Masyarakat

Bupati Giri Prasta Menjadi Narasumber di Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021

Badung, Baliglobalnews

Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk tetap berkarya dan berkreasi dan ini harus menjadi momentum untuk bangkit dari keterpurukan khususnya bagi para pelaku ekonomi kreatif. Berangkat dari hal itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar rangkaian acara bertajuk Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 dengan diadakannya Creative Talkshow yang mengangkat tema “Mencari Kemudahan Akses Pembiayaan dan Permodalan Bagi Pelaku Ekraf” di Ballroom The Trans Resort Bali, Sabtu (25/9).

Pada AKI 2021 ini Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, turut diundang menjadi narasumber bersama dengan Menparekraf Sandiaga Uno, Kadispar Provinsi Putu Astawa dan Happy Salma untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif di Bali. Turut hadir DPRD Badung IGA Agung Inda Trimafo Yudha, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta dan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya sudah melihat usaha-usaha kreatif dari pelaku ekonomi yang memberikan semangat dan kepercayaan sehingga menciptakan lapangan kerja seluas- luasnya. Menparekraf menginginkan kepada teman- teman ekonomi kreatif, ditengah pandemi ini harus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Saya ucapkan terima kasih karena ketangguhan teman- teman semua untuk membuat Bali sampai sekarang masih bisa bertahan dan mengambil peluang untuk mencetak pemenang. Mari kita sama- sama kerja keras , kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Terima kasih kepada Bupati Badung yang ikut membantu mensupport UMKM kita dan saya harapkan mudah-mudahan pak Bupati bisa terus membantu dan berkolaborasi dengan kita untuk mengembangkan UMKM kita,” ujarnya

Sementara Bupati Giri Prasta mengatakan generasi muda itu adalah tulang punggung bangsa, maka dari orientasi inilah pihaknya mengambil sebuah kebijakan tidak ada lagi yang besar mengalahkan yang kecil dan yang kecil mengalahkan yang besar yang sekarang yang lambat dikalahkan yang cepat. Kebijakan politik anggaran yang dilakukan Pemkab Badung dengan memasang fiber optik dari Badung Selatan sampai Badung Utara sepanjang 150 km lebih, artinya kesiapan Badung untuk memberikan infrastruktur kepada generasi milenial ini betul-betul diperhatikan.

“Kita butuh pengusaha-pengusaha baru itu dari kalangan milenial, karena mereka melek teknologi, ini akan saya buktikan di penghujung tahun ini walaupun perekonomian terkontraksi akibat pandemi Covid-19 apalagi pendapatan Badung berasal dari pajak hotel dan restoran,” ujarnya.

Selain itu juga diberikan stimulus kepada pelaku UMKM di Badung, inilah cara Badung memberikan sebuah inovasi. “Sesuai dengan pencanangan Presiden dan Menparekraf yaitu 4.0, ketika berbicara 4.0 ini kita membicarakan start up, inilah yang harus disabet oleh generasi muda. Jadi kami betul betul berada ditengah-tengah itu semua dan kami akan siap. Generasi muda Bali harus menjadi tuan di tanahnya sendiri,” katanya.

Pihaknya juga mengatakan mendukung sepenuhnya Apresiasi Kreasi Indonesia, karena ini betul- betul memberikan peluang kepada generasi milenial untuk berakselerasi dan berinovasi, begitu juga melaksanakan pelatihan dan ini merupakan program yang luar biasa.

“Kami di Pemerintahan Kabupaten badung akan mendukung dan memfasilitasi sepenuhnya salah contohnya dengan e-Commerce, bagaimana kita bisa mampu melakukan transaksi dengan internet,” tegasnya.

Di akhir acara Kemenparekraf Sandiaga Uno menyerahkan 10 sertifikat CHSE tahun 2021 kepada perwakilan pelaku pariwisata di Bali. (bgn003)21092607

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...