Media Informasi Masyarakat

BPOM Sidak Takjil Buka Puasa di Sekitar Masjid Agung Tabanan

Tabanan, Baliglobalnews

Guna memastikan keamanan dan kelayakan produk makanan yang dijual menjelang hari raya Idul fitri, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar inspeksi mendadak (sidak) di sekitar Masjid Agung Tabanan dan Masjid Raya Kediri, pada Kamis (4/4/2024).

Dalam sidak dipimpin Kepala Balai Besar POM Denpasar, Gusti Ayu Adhi Aryapatni, menjelaskan 22 sampel takjil yang diuji dari dua tempat dinyatakan negatif sehingga aman untuk dikonsumsi. “Dua puluh dua sample makanan di antaranya es kolak, jajanan basah, pepes, usus goreng, es kolang kaling yang didapat di sekitar masjid,” katanya.

Pemeriksaan juga berkolaborasi dengan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pengujian ini akan dilaksanakan hingga 18 April mendatang.

Aryapatni menerangkan, apabila ditemukan makanan yang tidak layak konsumsi maka akan langsung dimusnahkan untuk menjaga penjual tidak menjual kembali.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dalam berbelanja makanan pangan olahan. “Untuk mengecek kemasan, pastikan kemasannya tidak bocor ya, label, izin edar dan kadaluwarsa produk dicek juga,” ujarnya. (bgn020)24040503

Comments
Loading...